Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/09/2021, 11:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kencur biasanya digunakan sebagai bumbu masakan atau jamu. Bahkan, kencur yang masih muda dan segar bisa dilalap langsung atau diolah menjadi salah satu bahan urap.

Kalau digunakan sebagai bumbu masakan, biasanya kencur ditumbuk atau diulek. Namun juga bisa dihaluskan hingga menjadi bubuk untuk ditambahkan dalam masakan.

Kalau kamu ingin membuat masakan atau minuman tradisional yang berkhasiat dengan kencur.

Baca juga: Cara Simpan Minuman Empon-empon untuk Stok di Rumah

Ada beberapa tips memilih dan menyimpan kencur yang benar, melansir dari buku “Saji ED 498 2021” terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Cara memilih kencur

Manfaat kencur sangatlah beragam, seperti sebagai antibakteri, antiperadangan, obat batuk dan asma, hingga penambah napsu makan dan stamina.SHUTTERSTOCK/YESSI FRENDA Manfaat kencur sangatlah beragam, seperti sebagai antibakteri, antiperadangan, obat batuk dan asma, hingga penambah napsu makan dan stamina.

Kalau kamu ingin membuat masakan dengan kencur muda. Kamu bisa melihat dari warna kulit kencur saat memilihnya. Pilih yang warnanya lebih pucat.

Biasanya, kencur muda dijual masih dengan batangnya. Rasanya cukup segar dengan aroma unik dan teksturnya yang renyah.

Sementara, kencur tua memiliki warna lebih coklat. Pastikan kamu memilih kencur yang bersih dan kulitnya tidak mengandung banyak tanah.

Baca juga: Cara Simpan Kunyit Segar, Bekal Bikin Minuman Empon-empon

Sebaiknya, hindari kencur yang sudah kering karena itu menandakan kencur sudah disimpan lama. Selain itu, lihat dari tekstur kulitnya.

Pastikan untuk tidak memilih kencur yang tampak keriput dan memiliki aroma yang tidak tajam.

Cara simpan kencur

Proteksi Kekebalan Tubuhnya dari Corona, Warga Polman Rame-Rame Bikin Ramuan Jahe dan KencurKOMPAS.COM/JUNAEDI Proteksi Kekebalan Tubuhnya dari Corona, Warga Polman Rame-Rame Bikin Ramuan Jahe dan Kencur

Kalau kamu membeli kencur segar dan berniat untuk menyimpannya untuk bumbu masakan atau minuman.

Cukup simpan di dalam keranjang dengan jenis empon-empon lainnya. Kamu tidak perlu mencucinya agar tidak mudah busuk. Simpan dalam suhu ruangan.

Baca juga: Resep Minuman Empon-empon untuk Hangatkan Tubuh, Energizer Drink

Pastikan untuk tidak membeli kencur dalam jumlah banyak. Pasalnya, kecur yang enak adalah yang masih segar dan aromanya kuat.

Buku “Saji ED 498 2021” terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com