Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Wedangan Modern di Solo, Ada Cangkir Blirik dan Wedangan Pendopo

Kompas.com - 05/09/2021, 18:41 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Wedangan adalah sebutan populer untuk warung atau kedai pinggir jalan di Solo yang menjual aneka minuman hangat, nasi, dan lauk biasanya berupa sate dan jajan tradisional.

Ada wedangan klasik yang berupa gerobak di pinggir jalan dan bentuknya ala kafe atau restoran. Menunya tetap khas yaitu nasi porsi kecil dan lauk sate tersebut.

Sistem pemesanan makanan di wedangan adalah prasmanan, semua makanan disajikan di meja panjang. Pengunjung dapat mengambil piring kemudian mengisinya dengan lauk pilihan.

Khusus untuk minuman, pengunjung dapat memesan di penjualnya langsung. Pembayaran makanan dilakukan setelah selesai menyantap semua menu sebelum pulang.

Baca juga:

1. Cangkir Blirik

Cangkir Blirik adalah salah satu wedangan modern di Solo. Lokasinya di Jalan Banyuanyar Selatan Nomor 22B, Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari.

Tampilannya dari luar seperti rumah biasa. Begitu masuk langsung terlihat parkiran yang cukup luas. Konsep bangunan Cangkir Blirik seperti joglo dan ada tempat duduk seperti gazebo.

Menurut laman Instagram @wedangan_cangkir_blirik, Cangkir Blirik buka sejak 2013.

Menu di Cangkir Blirik beragam seperti beragam nasi, sate telur, sate bekicot, sate jeroan sapi, dan kue tradisional misalnya jadah bakar. Harga lauk mulai dari Rp 2.500-an.

Sementara minumannya tentu saja ada aneka wedang seperti wedang uwuh, secang, dan wedang jahe lainnya. Harga minuman mulai dari Rp 3.500-an.

Cangkir Blirik buka setiap hari kecuali Senin. Jam operasionalnya adalah pukul 17.00 sampai 24.00 WIB.

2. Omah Londo

Omah Londo bertempat di rumah Belanda klasik berwarna putih. Ada tempat duduk indoor dan outdoor.

Alamat Omah Londo di Jalan Agus Salim Nomor 2A, Sondakan, Kecamatan Laweyan. Kalau kamu turun di Stasiun Purwosari, cukup jalan kaki sekitar 50 meter ke Omah Londo.

Menu nasi, bakmi, dan sayur di Omah Londo dibungkus daun pisang. Sego Bakar, Garang Asem, Sego Usus Mercon, dan Bakmi Goreng, misalnya.

Harga makanan utama tersebut mulai dari Rp 4.000, sedangkan lauk seperti baceman mulai dari Rp 2.500-an.

Omah Londo buka setiap hari pukul 08.00- 24.00 WIB. Menurut Instagram @omahlondo_angkringan, Omah Londo menyediakan koneksi wi-fi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com