Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mudah Menerapkan Pola Makan Plant-based untuk Pemula

Kompas.com - 29/08/2021, 14:18 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

Sumber Forbes

 

KOMPAS.com - Plant-based food merupakan pola makan yang diterapkan untuk menambah jumlah konsumsi sumber protein nabati.

Sedikit berbeda dengan diet vegan, orang yang menerapkan pola makan atau diet plant-based masih bisa mengongsumsi makanan sumber hewani.

Certified Sports Nutritionist, dr Dion Haryadi mengatakan, pola makan plant-based bisa dimulai kapan saja, tergantung dengan kemauan orang tersebut.

"Tidak ada kata telat untuk siapapun. Kapan sih kita harus makan plant-based food? Ya sebenarnya jawabannya adalah ketika kita sudah siap," kata Dion dalam acara “You Are What You Eat! Yuk, Kenalan sama Plant-based Food” pada Jumat (27/8/2021).

Simak enam cara mulai menerapkan plant-based food berikut:

Baca juga:

1. Berani mencoba

Bagi kamu yang akan memulai pola makan plant-based food, Dion menyarankan untuk memulainya secara perlahan.

"Mulai sedikit demi sedikit dan mulai berani cobain karena banyak yang tidak berani cobain sayuran. Kalau kita tidak pernah mencoba, ya tidak akan mulai coba," tutur Dion.

Baca juga: Apa Bedanya Vegan dan Vegetarian?

2. Mulai dari sedikit

Plant-based Enthusiast dan Founder of Chef's Kitchen, Chef Citra mengatakan, pola makan plant-based food bisa dimulai dengan mengurangi sedikit demi sedikit jumlah konsumsi daging.

"Saya berharapnya, kita mulai mengurangi aja. Misalnya dari dagingnya. kita bisa makan steak 300 gram jadi 150 gram itu sudah berkontribusi," ujar Citra.

Baca juga: Beda Gaya Hidup Vegetarian dan Vegetarian Buddha

3. Buat variasi makanan

Meski jumlah protein nabati akan lebih banyak dibandingkan dengan protein hewani, plant-based food masih bisa dinikmati dengan bahan makanan yang beragam.

"Variasi dari sumber nabatinya diperhatikan karena kadang-kadang yang mengikuti plant- based food mereka biasanya cuma makan itu-itu aja," kata Dion.

Salah satu contoh variasi makanan plant-based adalah warnanya. Dion mengatakan, semakin berwarna makanannya maka diet atau pola makannya semakin baik.

Baca juga: 3 Bahan Pengganti Gelatin yang Ramah Vegetarian

Halaman:
Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com