Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2021, 12:07 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Wadah plastik bisa menjadi pilihan untuk menyimpan beragam hidangan. Sebab, wadah ini cukup ringan dan dapat ditutup rapat. 

Di samping kepraktisan dan kenyamannya, sayangnya wadah plastik cukup sulit dibersihkan. Terlebih jika digunakan untuk menyimpan masakan berminyak dan berlemak, seperti rendang.

Baca juga: 6 Cara Bersihkan Teflon Pemanggang Setelah Bikin Sate

Tak perlu khawatir, berikut ini ada cara membersihkan wadah plastik berminyak yang mudah dipraktikkan. 

1. Bersihkan dengan air panas dan garam

Dikutip dari "SajianKu VOL 10/I/2014: Serba-Serbi Dibalik Sedapnya Ikan Bakar, Membuat Sate Daging Yang Empuk" oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada, untuk membersihkan wadah plastik yang berminyak kamu dapat merendamnya di air panas. 

Baca juga: 4 Cara Hilangkan Bau Daging di Talenan Kayu, Bisa Pakai Garam Kasar

Caranya, cukup tuang air panas ke dalam baskom lalu beri sedikit garam. Diamkan beberapa saat agar noda minyaknya terangkat, kemudian bilas hingga bersih.

Ilustrasi wadah plastik, wadah makanan plastik.FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi wadah plastik, wadah makanan plastik.

2. Cuci dengan sabun sambil dikocok 

Dalam laman Insider, dibagikan cara membersihkan wadah plastik berminyak dengan praktis. Untuk membersihkan kamu perlu menyiapkan sabun cuci piring dan tisu dapur. 

Baca juga: 4 Cara Bersihkan Alat Bakar Sate, Hilangkan Noda Membandel Pakai Cuka

Selanjutnya, tuang sabun cuci piring ke dalam wadah lalu isi dengan air. Masukkan pula tisu dapur yang sudah diremas kemudian tutup wadahnya.

Kocok wadah plastik dengan kuat agar sisa minyaknya terangkat. Jika sudah, bilas seperti biasa dan lap hingga kering.

3. Bersihkan dengan baking soda dan cuka 

Ilustrasi baking soda sebagai bahan alami pembersih berbagai permukaan di rumah. FREEPIK Ilustrasi baking soda sebagai bahan alami pembersih berbagai permukaan di rumah.

Baking soda dan cuka juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas minyak pada wadah plastik, seperti dikutip dari Chowhound. Cara penggunakannya cukup simpel dan praktis. 

Pertama, bilas wadah plastik dengan air panas untuk membersihkan sisa makanan. Kemudian, taburkan baking soda hingga membentuk pasta yang melapisi wadahnya. 

Gosok wadah tersebut dengan spons kasar lalu tambahkan sedikit cuka. Gosok kembali untuk memastikan sisa minyaknya terangkat.

Baca juga: 4 Cara Bersihkan Pisau Dapur Bekas Potong Daging Kurban

 

Jika sudah, isi wadah dengan air panas dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, cuci dengan sabun cuci piring dan bilas sampai bersih.

4. Gosok dengan lemon

ilustrasiMARTHASTEWART.COM ilustrasi
Jika tak ada baking soda dan cuka, maka kamu bisa menggunakan lemon untuk membersihkan bekas minyaknya.

Caranya, taburi wadah plastik dengan garam kasar lalu gosok dengan lemon yang sudah dibelah. Kemudian, cuci dengan sabun dan bilas seperti biasa. 

Buku "SajianKu VOL 10/I/2014: Serba-Serbi Dibalik Sedapnya Ikan Bakar, Membuat Sate Daging Yang Empuk" oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada dapat dibeli online di Gramedia.com

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com