Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedai Kopi Tempati Rumah Adat Usia 200 Tahun, Ada di Pematang Siantar

Kompas.com - 21/05/2021, 13:16 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Kedai kopi lokasinya bisa berada di mana saja, dari gerobak motor yang dibuat lapak, halaman rumah, dan bahkan rumah adat.

Inilah yang unik dari kedai kopi Cofee Kawan Kita. Kedai kopi di Pematang Siantar, Sumatera Utara ini bertempat di rumah adat Batak Toba.

"Rumah adat ini sebelumnya ada di Tambunan, Kabupaten Toba. Kita bongkar dan angkut dari sana terus kita bangun di sini," kata pemilik Cofee Kawan Kita Lamhot Siahaan pada Tribunnews Medan, Kamis (29/4/2021).

Lamhot mengatakan usia rumah adat tersebut sudah 200 tahunan.

Baca juga: Cafe Kopi Bertema Karo Hadir di Medan

Ia menjelaskan rumah adat Batak Toba itu awalnya dibeli untuk jadi tempat tinggal ketika orang tuanya membeli tanah di Pematang Siantar.

Seiring waktu, muncul ide memanfaatkan rumah adat tersebut menjadi kedai kopi.

Rumah adat itu sendiri masih tampak kokoh. Lokasinya juga asri karena tepat menghadap ke pemandangan sawah, barisan bukit, dan rumah warga.

"Memang suka ngopi dan mungkin kan karena ada rezeki sedikit. Rumah adat sudah ada di sini dari 2012, kita coba buat lokasi ngopi daripada ngontrak," ujar Lamhot.

Lamhot mengaku usaha kedai kopinya ini baru dimulai dari awal 2021.

Ia berharap kedai kopi di rumah adat ini dapat menjadi daya tarik bagi penikmat kopi dan wisatawan.

Baca juga: 14 Cara Membuat Kopi ala Kafe di Rumah, Pelajari Kuncinya

Jenis kopi yang ditawarkan di Cofee Kawan Kita adalah Arabica yang berasal dari Tanah Gayo, Sidikalang, Simalungun, dan Doloksanggul.

Kopi dibuat jadi berbagai jenis minuman, tetapi favorit pengunjung kedai adalah sanger espresso.

Cofee Kawan Kita beralamat di Jalan Bahkora II Atas, Kelurahan Siantar Tong Marimbun, Kecamatan Siantar Marimbun, Kota Pematangsiantar. Kedai kopi ini buka setiap hari dari pukul 12.00-00.00 WIB.

Baca juga: 4 Kedai Kopi Legendaris di Medan, Kopi Apek sampai Kopi Sedap Siantar

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Di antaranya adalah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul SENSASI Ngopi di Rumah Adat Ratusan Tahun di Siantar, Ada di Kedai Cofee Kawan,

https://medan.tribunnews.com/2021/04/29/sensasi-ngopi-di-rumah-adat-ratusan-tahun-di-siantar-ada-di-kedai-cofee-kawan?page=all. 

Penulis: Alija Magribi
Editor: Ayu Prasandi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com