Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/05/2021, 10:07 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Salah satu bisnis musiman yang ramai peminat adalah bisnis parsel. Bisnis parsel digemari khususnya jelang hari raya, seperti Lebaran, Natal, dan Imlek.

Khususnya pada masa pandemi Covid-19, banyak orang yang beralih mengirimkan parsel kepada keluarga dan kerabat karena tidak bisa mudik dan bertemu langsung dengan mereka.

Bagi kamu yang tertarik untuk memulai bisnis parsel, ada beberapa hal yang bisa kamu persiapkan sebelumnya.

Owner Gina Parcel, salah satu bisnis parsel musiman di Indonesia, bernama Georgina Sandra membagikan beberapa tips memulai bisnis parsel khususnya untuk pemula, seperti yang disampaikan pada Kompas.com, Jumat (7/5/2021).

Baca juga: Tips Mulai Usaha Kue Kering, Tak Perlu Modal Besar

1. Jadi reseller dulu

“Kalau teman-teman belum ada dasar sama sekali, boleh cari yang jual parsel tapi yang ready stock. Jadi teman-teman bisa kayak reseller dulu,” kata wanita yang akrab disapa Gina ini.

Hal ini juga dilakukan Gina. Selama tiga tahun pertama berjualan parsel, Gina masih jadi reseller dari seorang supplier.

Dengan begitu, Gina mengatakan kamu bisa belajar soal bisnis parsel secara perlahan.

Mulai dari taktik pemasaran yang bisa digunakan, kultur bisnis di dalamnya, hingga belajar cara mendesain dan menyusun parsel yang menarik.

2. Belajar otodidak

Sejak awal berbisnis, Gina mengaku mempelajari semuanya secara otodidak. Mulai dari cara berbisnis hingga cara menata parsel.

Baca juga: Ulik Potensi Bisnis Parsel Lebaran, Usaha Musiman yang Menjanjikan

“Belajar juga sih ke supplier-nya. Kebetulan dia baik banget waktu itu, ngajarin juga kalau mau beli dikasih tahu tempatnya di mana yang murah-murah,” jelas Gina.

Para karyawan Gina Parcel dalam proses membuat parsel LebaranDok. Gina Parcel Para karyawan Gina Parcel dalam proses membuat parsel Lebaran

Saat itu ia sengaja membeli parsel yang punya desain menarik. Kemudian ia dan karyawannya membongkar parsel tersebut untuk tahu susunannya. Mereka membongkarnya dan mencoba meniru desain susunan parsel tersebut.

“Kita beli beberapa terus coba-coba buat sendiri kan, yang mana yang gampang disusun yang itu aja kita jual,” imbuhnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com