Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Daging Sapi Harus Direbus agar Empuk?

Kompas.com - 04/05/2021, 07:21 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Daging sapi merupakan jenis protein yang membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa empuk. 

Menurut Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group Stefu Santoso, waktu masak yang dibutuhkan daging untuk empuk bervariasi.

Semuanya tergantung pada jenis daging dan juga bagian potongan yang digunakan.

Baca juga: Tips Rebus Daging Hemat Gas, Pakai Panci Presto

“Apa local beef, apa daging sapi Australia. Tergantung juga bagian mana," kata Stefu pada Kompas.com, Sabtu (1/5/2021).

"Ada bagian top side (gandik), rump (tanjung), atau bagian sengkel, sandung lamur. Itu waktunya sangat berbeda, kita enggak punya patokan pasti,” lanjutnya. 

Biasanya, daging sapi lokal akan lebih sulit empuk jika dibandingkan dengan daging sapi import. Namun itu juga bergantung pada bagian potongan daging yang digunakan.

“Contoh ya kita pakai impor sengkel. Terus kita pakai daging sapi lokal bagian has luar atau has dalam. Otomatis yang lokal lebih cepat matang,” jelas Stefu.

Baca juga: Resep Opor Ayam Bumbu Putih buat Sajian Spesial Lebaran

Pasalnya, bagian has luar dan has dalam merupakan potongan daging sapi yang paling mudah empuk di antara seluruh bagian daging sapi.

Sementara bagian sengkel merupakan bagian yang lebih berurat dan memiliki banyak gelatin, sehingga lebih sulit empuk ketika direbus.

Ilustrasi daging direbus untuk bikin kaldu. SHUTTERSTOCK/SEAGULL_L Ilustrasi daging direbus untuk bikin kaldu.

Waktu masak daging sapi

Waktu yang dibutuhkan untuk merebus daging bervariasi. Jika kamu menggunakan alat memasak panci biasa, maka membutuhkan waktu lebih dari 45 menit. Tergantung dengan jenis daging dan potongan yang digunakan.

Jika menggunakan panci biasa dengan metode 5-30-7, maka secara total kamu membutuhkan waktu lebih kurang 45 menit hingga daging empuk.

Namun menurut Stefu, metode 5-30-7 ini mungkin tidak akan bisa digunakan untuk semua jenis daging. Metode ini mungkin berhasil untuk beberapa jenis daging dan potongan yang lebih mudah empuk.

Baca juga: Cara Masak Ayam Tanpa Presto agar Cepat Empuk dan Matang, Bisa Hemat Gas

Selain menggunakan panci biasa, kamu juga bisa menggunakan panci presto untuk menghemat waktu memasak.

Panci presto bisa digunakan untuk potongan yang sulit empuk sekalipun, seperti sengkel misalnya.

“Karena dia pakai uap di-pressure, tidak ada uap yang keluar sama sekali. Itu lebih mempercepat saja sih. Segala jenis daging dia bisa empuk,” imbuh dia.

Menurut Stefu, kamu akan bisa merebus daging hingga empuk dan matang dalam waktu 30-40 menit saja. Asalkan potongan daging yang kamu gunakan tidak terlalu besar.

“Misalnya kita potonga ukuran 2x2 sentimeter. Itu 30-45 menit pasti empuk. Tapi kalau kita potongannya sekitar 15x15 sentimeter itu belum tentu sama waktunya, akan lebih lama,” pungkas Stefu.

Baca juga: Rebus Daging Bersama Sendok, Apa Benar Bikin Cepat Empuk?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com