Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/05/2021, 13:06 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Proses membuat roti tidak selalu berakhir dengan baik. Ada kemungkinan roti menjadi bantat, keras, bahkan rasanya jadi hambar.

Selain kue kering, kamu dapat menjadikan roti buatanmu sebagai isian hamper Lebaran.

Bahan dasar untuk membuat roti adalah tepung, gula, ragi, garam, dan air. Bahan yang dibutuhkan tidak banyak. Namun, langkah pembuatan roti biasanya cukup panjang.

Semua bahan roti umumnya akan dicampur dan diuleni. Setelah itu, roti akan dibiarkan beberapa saat agar ragi dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan roti yang mengembang.

Dilansir dari Taste of Home, simak kesalahan umum dalam membuat roti dan cara mengatasinya agar hasil roti untuk hamper Lebaran mengembang sempurna.

Baca juga: 5 Kesalahan Umum Saat Bikin Pancake, Pelajari biar Tidak Gagal

1. Roti bantat

Kalau roti yang kamu buat ternyata bantat, coba periksa apakah raginya sudah kedaluwarsa? Jika iya, maka itu merupakan titik kesalahannya.

Jika ragi yang digunakan sudah benar, mungkin takaran tepung yang dicampur terlalu banyak dan tidak sesuai dengan resep. Sebaiknya, gunakan timbangan untuk mengetahui jumlah tepung yang tepat.

Baca juga: 6 Tips Membuat Roti Anti Bantat, Jangan Pakai Air Panas

Ilustrasi adonan roti yang mengembang setelah didiamkan sekitar 1 jam. PIXABAY/ZWODRA Ilustrasi adonan roti yang mengembang setelah didiamkan sekitar 1 jam.

Roti yang bantat juga bisa disebabkan oleh terlalu lama proofing. Sebaiknya, jangan mendiamkan roti lebih dari 60 menit di tempat yang hangat.

Setelah selesai proofing untuk kedua kalinya, kamu bisa langsung panggang adonan roti.

Mengangkat adonan roti terlalu sering saat proofing dapat menyebabkan adonan roti rusak dan tidak mengembang di dalam oven.

Baca juga: 6 Tips agar Proofing Adonan Roti Berhasil, Mengembang dengan Sempurna

2. Roti terlalu kenyal

Ilustrasi roti bulat dengan topping biji wijen. UNSPLASH/Felipe Albertella Ilustrasi roti bulat dengan topping biji wijen.

Menguleni secara berlebihan cenderung menghasilkan roti terlalu kenyal. Saat adonan roti sudah terasa lembut dan membal, itu berarti roti sudah cukup diuleni.

Uleni hanya sesuai petunjuk resep agar roti tidak terlalu kenyal.

Kemungkinan lain yang membuat roti menjadi kenyal adalah penggunaan jenis tepung.

Jika resep roti yang kamu gunakan terbuat dari tepung roti dan menghasilkan roti yang lebih kenyal, coba gunakan tepung serbaguna. 

Baca juga: 10 Tips Membuat Soft Cookie Lembut dan Kenyal, Perhatikan Penggunaan Bahan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com