Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Makan Durian Saat Hamil? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 04/03/2021, 22:02 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak mitos tentang durian simpang siur di tengah masyarakat. Salah satunya mengenai ibu hamil yang hendak memakan durian.

Sebenarnya apakah boleh ibu hamil memakan durian dan apa ada efek sampingnya? Mohamad Reza Tirtawinata, Ketua Yayasan Durian NUSANTARA menjelaskan mengenai hal ini.

“Sebenarnya ada sejarahnya itu. Jadi ada relief di Candi Borobudur yang menunjukan selir-selir raja dengan pohon durian," jelas Mohamad Reza Tirtawinata kepada Kompas.com, Kamis 26/2/2021.

Baca juga: Resep Pancake Durian, Dessert yang Bikin Nagih

"Itu karena istri-istri raja saat mengandung disuruh memakan durian karena saat itu dipercaya jika anak-anak mereka akan tumbuh menjadi anak yang cerdas, kuat,” jelasnya. 

Reza menjelaskan jika pada zaman tersebut durian sudah dianggap sebagai buah yang memiliki nilai gizi tinggi.

Reza mengatakan ibu hamil bisa memakan durian dengan catatan maksimal satu juring atau tiga ponge (buah) durian dalam satu hari. 

Jika terlalu banyak makan durian, maka perut akan terasa panas. Hal ini yang ditakutkan berpengaruh pada janin.

Ibu hamil dengan penyakit diabetes dan darah tinggi dianjurkan tidak makan durian

 

Apabila ibu hamil memiliki penyakit bawaan seperti diabetes atau darah tinggi perlu berhati-hati dalam menyantap buah ini.

Ilustrasi durian.shutterstock.com/Torjrtrx Ilustrasi durian.

“Sebenarnya penyakit darah tinggi dan diabetes bukan dari duriannya. Tapi itu penyakit bawaan. Nah, orang dengan penyakit tersebut harus mulai berhati-hati dalam mengkonsumsi durian,” papar Reza.

Baca juga: 3 Cara Kupas Durian dengan Cepat, Tips dari Pedagang

Pakar gizi Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (FEMA IPB), Ahmad Sulaeman, menyebutkan larangan perempuan hamil makan durian hanya diberikan jika  memiliki penyakit diabetes atau hipertensi.

Kedua penyakit tersebut dianggap dapat menyebabkan masalah kandungan.

Ahmad mengingatkan, durian mengandung komposisi gizi yang cukup lengkap dan juga dipercaya mengandung beberapa nutraceutical.

Adapun Nutraceutical merupakan senyawa kimia bioaktif alami yang memiliki manfaat terhadap kesehatan seperti pencegahan penyakit.

Baca juga: Cara Hilangkan Bau Durian dari Tangan dan Mulut, Ada Penawarnya Sendiri

 

"Jadi lumayan lengkap dari aspek zat gizi. Makanya ada orang yang mengatakan kalau durian itu super food dan king of the fruits," lanjutnya

Selain itu jika makan durian terlalu banyak, Ahmad menyebutkan bayi ditakutkan obesitas. 

"Sejauh ini belum ada riset ke arah sana, karena ethical clearance susah didapatkan, tapi ini hanya berdasarkan praduga," kata Ahmad Sulaeman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com