Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Kentang Tornado? Street Food Korea yang Muncul di Drama Mr. Queen Episode 12

Kompas.com - 18/01/2021, 11:08 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


KOMPAS.com
- Kentang tornado atau tornado potato muncul di drama Mr. Queen Episode 12. Jajanan ini memang terkenal dan banyak dijual di pusat street food Myeong-dong, Seoul, Korea Selatan.

Pada episode 12 Mr. Queen diceritakan jika Ratu Kim So Yong (Shin Hye Sun) kembali memperlihakan keterampilan memasak di dapur istana.

Saat itu ia membuat kentang tornado yang belum ada di zaman tersebut. Hidangan kentang tornado ia buat dengan maksud untuk membantu koki kerajaan Man Bok (Kim In Kwon).

Baca juga: Cara Membuat Corndog Sosis Mozarella, Jajanan di Drama Korea Start Up

Apa itu kentang tornado?

Melansir Korea e Tour, hidangan ini merupakan sajian berbahan dasar kentang yang diiris tak putus sehingga berbentuk spiral.

Kini ada juga mesin khusus untuk mengiris kentang tornado agar lebih praktis, bahkan dijual di Indonesia. 

 

Kentang yang sudah diiris tak putus lalu ditusuk dengan tusuk sate panjang dan direnggangkan, hingga mengingatkan akan bentuk tornado atau angin puyuh.

Baca juga: Apa itu Odeng pada Drama Korea Start-Up? Street Food yang Disantap Nam Do-san

Walaupun tidak seterkenal tteokbokki dan odeng, tampilan kentang tornado sangat menarik mata dan terbilang unik.

Setelah kentang spiral ditusuk ke tusuk sate panjang, kemudian digoreng hingga kering. Jika sudah, kentang tornado atau toneido gamja tersebut diberi macam-macam bumbu.

Penjual kentang tornado  akan menanyakan jenis bumbu yang inginkan pembeli. Bumbu yang dimaksud bisa berupa taburan keju, bubuk bawang merah, bubuk bawang putih.

Kamu sebagai penyuka makanan pedas manis bisa juga menambahkan bumbu seperti bubuk cabai hingga olesan madu.

Baca juga: Resep Potato Wedges ala Restoran, Cuma Butuh 3 Bahan Utama

 

Turis yang memakan sajian ini diharapkan untuk berhati-hati. Sebab ukuranya sangat panjang dan ditusuk dengan tusuk sate yang panjang serta tajam pula.

Kreasi kentang tornado juga beragam. Ada yang dimasak bersama sosis di tengahnya dan diberi saus tomat atau mustard sebagai cocolannya.

Jajanan kentang ini memiliki rasa seperti keripik kentang tetapi di bagian tengah kentang ini memilik tekstur yang masih sedikit empuk. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com