Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Binahong? Daun dengan Segudang Khasiat Kesehatan

Kompas.com - 05/01/2021, 11:31 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


KOMPAS.com
- Binahong adalah daun merambat yang memiliki banyak khasiat kesehatan seperti meredakan reumatik, encok, flu tulang, dan pegal linu.

Daun binahong biasanya dikonsumsi sebagai minuman herbal untuk tujuan kesehatan. Selain itu, bisa juga ditumis layaknya sayuran daun seperti kangkung maupun bayam.

Baca juga: Resep Tumis Binahong, Daun yang Berkhasiat untuk Kesehatan

Khasiat daun binahong

“Daun binahong itu banyak khasiatnya. Selain itu juga banyak ditemukan di area perkebunan, perumahan dan lain-lain. Daun ini bisa dikatakan sebagai alternatif pengobatan yang murah,” jelas Prof. Dr. Ir. Ervizal A.M. Zuhud (AMZU), MS. selaku Kepala Divisi Bioprospeksi dan Konservasi Tumbuhan Tropika Institut Pertanian Bogor kepada Kompas.com, Senin (4/1/2021).

Ervizal menjelaskan, sejak abad ke-14 daun binahong sudah dijadikan tanaman herbal di daratan China. Kemudian tanaman ini menyebar ke berbagai negara seperti Australia, Amerika, Korea, hingga Indonesia.

Khasiat daun binahong antara lain mengobati maag, mengatasi masalah kulit, asam urat, dan kolesterol, serta mencegah diabetes dan mengobati sesak napas.

Selain itu juga untuk membersihkan paru-paru dari kotoran dan racun. Diketahui kandungan senyawa dalam binahong dapat membantu mendetoksifikasi kotoran dan racun dari paru-paru.

Namun, manfaat binahong untuk paru-paru masih dalam proses penelitian lebih lanjut.

Daun binahong mengandung binahong catechin yaitu jenis antioksidan yang tidak hanya melawan kanker dan serangan jantung.

Kemudian manfaat binahong juga dapat membantu mengurangi efek peradangan otot setelah olahraga.

Manfaat lain daun binahong adalah mempercepat proses penyembuhan luka, meningkatkan tekanan darah, dan masih banyak lagi.

Tekstur dan jenis daun binahong

“Kalau testurnya pasti akan sedikit berlendir seperti sayuran lainnya, setelah diolah daun ini memiliki tekstur seperti daun bayam dan daun kangkung,” jelas Ervizal.

Jenis daun binahong ada yang merah dan hijau. Walaupun secara kasat mata daun ini memiliki warna yang berbeda tetapi kandungan dan khasiatnya sama saja.

Daun binahong bisa diolah dengan cara direbus, diblender, maupun ditumis seperti sayuran daun seperti kangkung dan bayam. Memasak binahong bisa menggunakan bumbu sederhana seperti bawang putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com