Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Tempura Garing ala Jepang, Pakai Dipping Formula

Kompas.com - 23/12/2020, 15:12 WIB
Ryana Aryadita Umasugi,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Head Chef Billy Ho Chef Benny Ksatria menggunakan air soda sebagai campuran tepung tempura saat membuat Sushi Dragon Roll.

Tepung tempura sendiri digunakannya untuk menggoreng udang tempura saat sesi Cooking Takeover di live instagram @kompas.travel pada Jumat (18/12/2020).

Baca juga: 4 Bahan untuk Bikin Tepung Tempura Sendiri di Rumah

Benny mengatakan bahwa air soda bisa didapatkan di toko atau supermarket. Meski demikian, kamu tetap bisa menggantinya dengan air biasa.

“Jika tidak ada air soda, kita bisa menggantinya dengan air es dan kuning telur,” kata Benny, saat dihubungi Senin (21/12/2020).

Baca juga: Cara Membuat Saus Lava, Pelengkap untuk Sushi Dragon Roll

Takaran air es dan kuning telur untuk membuat tempura adalah per satu kuning telur maka dicampur dengan 800 ml air dan es batu secukupnya. Bisa juga langsung mencampurnya dengan air es.

Selanjutnya, air es dan kuning telur yang sudah tercampur ini disebut sebagai dipping formula.

“Kalau mau mencampurnya biasakan tepung tempura kering di dalam bowl baru sedikit demi sedikit dicamputkan dengan Dipping Formula,” tuturnya.

Tepung tempura yang dicampurkan dengan air es dan kuning telur ini harus tidak terlalu encer atau terlalu pekat. Benny menyarakan untuk mencampur semua bahan menggunakan sumpit.

Baca juga: Tips Bikin Udang Tempura Lurus, Anti Melengkung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com