Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2020, 22:02 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Beragam jenis jeruk biasanya awet disimpan di suhu ruang untuk 3-4 hari, paling lama satu minggu. Setelahnya, mulai kering dan keras jadi tidak bisa digunakan.

Berdasarkan Real Simple, cara memilih jeruk yang baik adalah lihat kulitnya. Hindari jeruk yang kulitnya ada bagian berwarna kecoklatan atau goresan.

Memilih jeruk matang cukup mudah karena jeruk yang dijual di swalayan biasanya sudah dalam keadaan matang.

Apabila kamu terbiasa mempunyai stok jeruk misalnya jeruk nipis, lemon, maupun jeruk orange sebaiknya simpan dalam kulkas supaya tetap segar dalam waktu lebih lama.

Baca juga: Cara Bikin Campuran Teh dengan Kulit Jeruk Sisa, Kreasi Rasa Teh

Ilustrasi jeruk disimpan dalam kulkas. SHUTTERSTOCK/DRAGON IMAGES Ilustrasi jeruk disimpan dalam kulkas.

Masukkan ke dalam plastik tertutup

Berbagai jeruk bisa disimpan langsung dalam bagian sayuran di kulkas. Namun, lebih baik lagi kalau dimasukkan dulu ke dalam kantong plastik tertutup.

Setelah itu, baru simpan dalam bagian sayuran di kulkas. Masa simpannya bisa sampai 1 bulan, seperti dikutip dari The Kitchn.

Walaupun tahan cukup lama, ada baiknya secara rutin mengecek lemon dalam kulkas setelah masa simpan 2-3 minggu. Mungkin saja mengeras karena terpapar udara kulkas.

Ilustrasi lemon diawetkan di dalam stoples kaca. SHUTTERSTOCK/DARIA MLADENOVIC Ilustrasi lemon diawetkan di dalam stoples kaca.

Bekukan jeruk

Menurut Livestrong.com, cara lain supaya jeruk tahan lebih lama adalah dengan membekukannya. Terdapat dua teknik pembekukan, menggunakan gula atau perasan air jeruk maupun tanpa keduanya.

Teknik pertama ini cocok untuk jeruk orange maupun lemon. Siapkan stoples kaca bertutup. Cuci bersih dan potong jeruk menjadi 2 bagian atau lebih.

Baca juga: Cara Membuat Lemon Madu Hangat, Lancarkan Pencernaan Usai Makan Besar

Tambahkan simple syrup alias gula cair atau air perasan jeruk. Pastikan jeruk terendam. Sisakan ruang antara jeruk dengan tutup stoples karena bisa saja jeruk mengembang saat membeku.

Teknik kedua, membekukan jeruk tanpa tambahan apa pun. Cukup cuci dan potong jeruk menjadi 2 bagian atau lebih. Masukkan ke dalam stoples kaca. Tutup dan simpan dalam freezer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com