Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep dan Tips Membuat Milk Tea Khas Hong Kong, Pakai Teh Hitam

Kompas.com - 15/10/2020, 16:19 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Hong Kong mempunyai milk tea khas disebut yuanyang, campuran kopi, teh, dan susu. Yuanyang biasanya disajikan pada pagi hari sebagai pendamping egg tart khas Hong Kong.

Baca juga: Resep Hong Kong Egg Tart, Pie Susu buat Camilan Sore

Ciri khas pembuatan milk tea Hong Kong menggunakan kantung kain untuk menyeduh teh hitam. Kamu dapat membelinya di sejumlah online marketplace.

Kalau tidak mempunyai kantung kain, kamu dapat menyeduh teh seperti biasa lalu nanti disaring.

Chef Yuda Bustara, perwakilan Hong Kong Tourism Board, membagikan cara membuat yuanyang pada acara Jakarta Dessert Week 2020 yang disiarkan melalui Tokopedia Play, Sabtu (10/10/2020).

Resep milk tea Hong Kong

Bahan

  • 250 ml teh hitam, seduh
  • 250 ml kopi tubruk, seduh
  • 100 ml susu evaporasi
  • Gula secukupnya

Cara membuat milk tea Hong Kong

1. Tuangkan air ke dalam panci, letakkan di atas kompor. Masukkan daun teh hitam ke dalam kantung kain. Letakkan ke dalam air. Masak selama lebih kurang 5 menit sampai pekat. Sisihkan. Hasil seduhan teh hitam 250 ml.

2. Siapkan gelas saji. Tuangkan teh, diikuti kopi, baru susu evaporasi. Perbandingan teh dan kopi 1:1. Bisa tambahkan gula sesuai selera. Aduk.

 

3. Milk tea Hong Kong juga bisa disajikan dingin. Siapkan mangkuk dan gelas. Masukkan gelas ke dalam mangkuk. Beri es batu di dalam mangkuk. Tuangkan teh dan kopi dengan perbandingan 1:1, diikuti dengan susu. Aduk.

Tujuan cara penyajian tersebut agar rasa teh tidak terlalu cair akibat es batu.

4. Cara lain, siapkan gelas. Tuangkan kopi dan teh. Beri es batu. Tuang susu.

Tips membuat milk tea Hong Kong

Menurut Chef Yuda, menggunakan teh hitam bertujuan agar hasil akhir yuanyang lebih pekat dan rasanya nikmat.

Susu evaporasi tepat digunakan untuk campuran teh karena rasanya pekat. Tidak membuat rasa teh seperti kebanyakan air. Namun, kamu dapat mengganti susu evaporasi dengan susu kental manis atau susu full cream.

Sementara untuk kopi, gunakan kopi bubuk yang diseduh. Sebaiknya tidak menggunakan espresso agar rasa kopi tidak mendominasi teh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com