Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Olah Sukun agar Getahnya Hilang dan Matangnya Pas

Kompas.com - 07/10/2020, 16:28 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sukun adalah buah yang memiliki tekstur seperti singkong empuk jika tingkat kematangannya pas. Cara memasak sukun tak terlalu rumit, terbilang sederhana.

Baca juga: Resep Kroket Sukun Isi Ayam, Enak Dimakan Pakai Rawit Hijau

Corporate Chef Parador Hotels & Resorts Gatot Susanto membagikan tips mengolah sukun menjadi keripik dan lauk pauk lainnya.

Setidaknya kamu harus perhatikan 3 hal mulai dari memilih sukun sampai menghilangkan getahnya.

1. Pilih sukun yang durinya mekar

Apabila ingin memilih sukun yang sudah matang, perhatikan duri dan teksturnya. Tanda sukun matang terlihat dari kulitnya yang mulai mekar di bagian kulit.

“Lalu kalau dipukul dengan pisau itu sudah mulai empuk dan tidak keras, itu sudah matang,” jelasnya.

Kandungan air pada sukun yang matang sudah mulai banyak. Maka teksturnya akan empuk, sedangkan sukun mentah teksturnya keras.

2. Memilih tingkat kematangan sukun

Gatot menjelaskan, sukun yang cocok untuk dibuat gorengan atau kripik lebih baik pakai yang matang. Namun bukan yang terlalu matang karena teksturnya terlalu lembek.

“Sukun yang dipilih juga yang menjelang matang, sukunnya masih keras tapi warnanya sudah menguning jadi dalamnya sudah tidak putih lagi,” jelas Chef Gatot kepada Kompas.com, Selasa (07/10/2020).

Ilustrasi kroket, jajanan pasar untuk camilan siang hari. SHUTTERSTOCK/ULIE SEBAYANG Ilustrasi kroket, jajanan pasar untuk camilan siang hari.

Chef Gatot juga menuturkan bahwa sukun yang menjelang matang lalu diolah menjadi kripik, warnanya bisa cantik dan lebih menarik. Kemudian teksturnya lebih lembut dan rasanya lebih gurih.

Selain keripik, sukun juga bisa diolah menjadi aneka sayur dengan bumbu yang sederhana.

“Kalau sukun muda bisa dimasak menjadi sayur, bisa juga dimasak bumbu balado, atau seperti sayur nangka juga bisa,” jelas Chef Gatot.

Baca juga: Resep Sukun Balado, Sajian Mudah dan Murah untuk Santap Siang

3. Cara menghilangkan getah sukun

Sama seperti nangka, sukun memiliki getah yang harus dihilangkan sebelum dimasak. Sebenarnya getah sukun gampang dihilangkan dengan cara yang sederhana.

Gatot menyarankan, rendam sukun bersama air garam selama 10-15 menit. Setelah itu tiriskan dan bisa langsung dimasak.

Kamu juga bisa merendam sukun di dalam air dengan bawang putih. Supaya rasanya gurih saat akan digoreng menjadi keripik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com