Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Iris Tipis Bawang Bombay, Knife Skill ala MasterChef Indonesia

Kompas.com - 03/10/2020, 21:11 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Ada tiga basic knife skills atau keahlian dasar menggunakan pisau yang dilakukan pada MasterChef Indonesia Season 7 episode Sabtu (3/10/2020).

Tiga kemampuan tersebut yakni mengiris bawang bombai dengan tipis, memotong kentang, dan iga domba. Tes pertama yang dilakukan adalah mengiris tipis bawang bombai.

Baca juga: Cara Mudah Potong Bawang Bombai, Tips dari Chef

Seperti dilansir dari The Kitchn, mengiris tipis bawang bombai artinya menghasilkan potongan tipis bawang dengan ukuran dan panjang yang sama.

Memotong bawang bombai seperti ini walaupun sedikit rumit, bisa membuat makanan terlihat lebih mewah.

Pasalnya ukuran masing-masing potongan akan serupa satu sama lain, tidak berbeda seperti jika kamu memotong dengan bentuk bulan setengah atau cincin.

Bawang bombai yang diiris tipis akan masak bersamaan sehingga teksturnya lebih baik ketika selesai dimasak.

Biasanya tekstur bawang akan terasa lebih kenyal, sedangkan bentuk cincin atau bulan setengah lebih lembut dan mudah hancur.

Ilustrasi orang memotong bawang bombayFreepik Ilustrasi orang memotong bawang bombay

Seperti dilansir dari The Spruce Eats, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengiris tipis bawang bombai selayaknya chef profesional.

1. Pertama, pilih bawang bombai yang punya kulit keras dan lembut. Semakin baik bawang bombay, akan semakin bagus irisannya.

2. Selanjutnya potong bagian ujung atas bawang bombai dengan pisau tajam. Beberapa orang khawatir menggunakan pisau tajam bisa berbhaya, tapi sebenarnya bisa lebih aman.

3. Kamu bisa mengiris dengan lebih lancar di tempat yang diinginkan. Menghindari pisau terpeleset pada bawang yang akhirnya bisa mencelakai jarimu sendiri.

4. Kemudian bagi dua bawang. Letakkan bawang bombai dengan ujung yang tumpul di bawah.

Jaga agar posisinya tidak bergeser, lalu potong bawang jadi dua. Potong mulai dari bagian akar bawang dipegang agar dua bagian bawang tetap bisa terpegang.

Ilustrasi mengiris bawang bombay dengan tipisShutterstock/husjur02 Ilustrasi mengiris bawang bombay dengan tipis

5. Setelah itu buang kulit bawang bombai. Kupas kulit bawang hingga benar-benar bersih. Bahkan lapisan luar bawang jika perlu.

6. Sedikit tips, jika kamu sulit mengupas kulitnya, kamu bisa mengupasnya di air mengalir. Air akan membuang sulfur yang menyebabkan bawang robek. Air mengalir menyelinap di antara bawang dan kupasan kulit, membuatnya jadi lebih mudah dilakukan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com