Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Masak? Ini 4 Cara Tingkatkan Kemampuan Memasak

Kompas.com - 12/09/2020, 08:00 WIB
Nine Fridayani,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kamu bercita-cita dapat memasak seperti seorang koki handal? Tenang saja, kemampuan memasak dapat ditingkatkan.

Tingkatkan kemampuan memasak dengan empat tips berikut. Pelajari dan praktikan tips ala Le Cordon Bleu berikut.

1. Lengkapi diri dengan alat yang baik

Perlu dukungan alat masak yang baik sesuai standar. Misalnya keterampilan memotong dengan cepat akan meningkat ketika didukung dengan pisau yang tajam.

Jika pisau tumpul yang digunakan, maka keterampilan memasak sulit untuk ditingkatkan.

Baca juga: 11 Trik Masak ala TikTok, Cara Unik Kupas Telur sampai Peras Lemon

Selain itu, jika kamu ingin meningkatkan keterampilan membuat roti, maka bekali diri dengan peralatan masak untuk membuat roti.

Setidaknya peralatan dasar berkualitas baik. Dengan begitu kegiatan masak di dapur akan terbantu dan keterampilan masak ikut terasah.

Ilustrasi makanan bergizi seimbangShutterstock Ilustrasi makanan bergizi seimbang

2. Kenali bahan-bahan makanan

Pengetahuan terhadap bahan makanan sangat membantu dalam meningkatkan keterampilan memasak.

Dengan mengetahui bahan-bahan makanan yang akan dimasak, kita dapat menyesuaikan resep dan teknik memasak makanan tersebut.

Pengetahuan bahan makanan yang diperlukan misalnya karakteristik makanan, cara pengolahan dan penyimpanannya, serta mengenali musim panen setiap bahan makanan.

Peran pengetahuan makanan dalam meningkatkan keterampilan memasak. Misalnya, jika kita tahu karakteristik bawang cepat matang saat digoreng, maka hindari menggoreng dengan api terlalu besar.

Ilustrasi oven, membuat kue, memanggang kueShutterstock Ilustrasi oven, membuat kue, memanggang kue

3. Pelajari teknik dasar memasak

Mempelajari dasar-dasar memasak adalah hal mendasar untuk meningkatkan keterampilan di dapur. Mempelajari teknik dasar memasak juga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja.

Contoh jika kamu tahu bagaimana posisi jari saat memotong bawang, maka kemungkinan jari terluka karena pisau dapat dihindari karena kamu sudah tahu triknya.

Baca juga: Cara Tajamkan Pisau Pakai Batu Asahan, Supaya Lancar Potong Daging

4. Praktik dan latihan!

Keterampilan memasak sulit berkembang jika kita tidak mempraktikannya dan sering latihan. Bahkan seorang koki profesional terkenal tidak memperoleh keterampilan memasak hanya dalam waktu semalam. Ia pun butuh praktik dan latihan yang rajin.

Jika sering berlatih dan praktik, kamu juga bisa dapat pelajaran yang tidak ada dalam teks buku masak. Jadi rajinlah berlatih dan praktik memasak dan jangan takut bereksperimen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com