Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulik Bisnis Kuliner Viral Tahu Go! Modal Waralaba Rp 19,5 juta

Kompas.com - 30/08/2020, 11:01 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Salah satu usaha kuliner yang sedang viral adalah merek Tahu Go!. Merek tahu goreng ini punya banyak cabang yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia.

Tahu Go! merupakan bisnis jajanan gerobak dengan sistem kemitraan yang telah berdiri sejak Desember 2019 lalu.

Tahu Go! jadi viral salah satunya karena tahu goreng yang ditawarkan bisa dibilang cukup menarik.

Baca juga: Mencicipi Tahu Go! Tahu Krispy yang Sedang Viral

 

Tahunya punya tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Selain itu harganya juga cukup murah, hanya Rp 1.600 saja per tahu.

CEO PT Otewe Maju Bersama, Tjoek Widharyoko, selaku pengembang dari Tahu Go! saat itu terpikir untuk memulai usaha tahu goreng dengan gerobak berbasis kemitraan. 

Ia merasa masyarakat Indonesia punya kegemaran makan gorengan.

Tahu Go! jajanan yang sedang viral punya tekstur tahu renyah di luar lembut di dalamDok. Instagram @tahugoid Tahu Go! jajanan yang sedang viral punya tekstur tahu renyah di luar lembut di dalam

Penyebaran yang cepat

Walaupun baru berdiri sejak akhir 2019, total mitra yang sudah dimiliki oleh Tahu Go! adalah 220 cabang yang ada di Jakarta, Bogor, Bandung, dan Yogyakarta.

Penyebaran cabang yang begitu cepat, menurut Tjoek, bisa terjadi karena modal kemitraan yang sangat terjangkau.

Baca juga: 6 Tips Goreng Tahu Isi Crispy, Kulit Tetap Garing Dalam Waktu Lama

Selain itu, karena menunya yang hanya satu macam yakni tahu saja, maka operasionalnya lebih mudah daripada membuka restoran atau rumah makan pada umumnya.

“Bangun bisnisnya juga cukup mudah. Menunya hanya satu macam, operasionalnya lebih mudah daripada membuka restoran atau rumah makan,” kata Tjoek Widharyoko pada Kompas.com, Jumat (28/8/2020).

Menurutnya, model bisnis seperti ini cenderung lebih disukai para pebisnis FnB pemula. Salah satunya karena resiko yang minim tetapi keuntungan yang berpotensi tak terhingga.

Tahu goreng renyah yang sedang digoreng ala Tahu Go!Dok. Instagram @tahugoid Tahu goreng renyah yang sedang digoreng ala Tahu Go!

“Maka dari itu banyak orang yang tertarik bisnis Tahu Go! ini. Supply bahan baku, pembuatan gerobak, dan support dari pusat sudah lebih sistematis,” lanjutnya.

Harga waralaba Tahu Go!

Sistem bisnis Tahu Go! adalah berbentuk kemitraan. Calon mitra bisa mendaftar untuk bergabung lebih dahulu pada kontak yang tersedia.

Setelah itu, calon mitra bisa membayar biaya memulai bisnis senilai Rp 19,5 juta sudah termasuk banyak fasilitas.

Baca juga: Menjajal Tahu Isi Khas Medan yang Montok-montok

Fasilitas yang disediakan beberapa di antaranya adalah set lengkap gerobak untuk berjualan tahu, iklan di media sosial, serta pendaftaran ke fasilitas layanan pesan antar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com