Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2020, 16:26 WIB
Nine Fridayani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Pada saat mengolah daging terutama sapi dan kambing, tak jarang kita mengalami kesulitan untuk bisa membuat daging menjadi empuk.

Ternyata, agar masakan daging yang dibuat menjadi empuk, kita bisa melakukan beberapa cara sederhana seperti memukul daging dengan palu daging hingga memarinasi daging dengan nanas.

Berikut ini tips membuat daging empuk dilansir dari Kompas. com, cukup dengan bahan alami.

1. Potong daging berlawanan dari arah serat

Agar hasil masakan daging jadi empuk, ternyata kita harus memperhatikan cara memotong daging sebelum diolah. Bagaimana cara memotong daging agar empuk?

Cara memotong daging agar empuk, yaitu sebaiknya daging dipotong berlawanan dari arah seratnya.

Jadi mulai sekarang kamu bisa merubah cara memotong daging jika masih searah dari seratnya, sebab cara itu kurang tepat.

Ilustrasi tukang daging memotong wagyu grade A5, daging sapi mahal khas Jepang berkualitas tinggi. SHUTTERSTOCK/GUMPANAT Ilustrasi tukang daging memotong wagyu grade A5, daging sapi mahal khas Jepang berkualitas tinggi.

2. Marinasi daging dengan nanas

Cara lain untuk mengempukan daging bisa dilakukan dengan bahan alami, kamu bisa memarinasi atau merendam daging bersama nanas.

Di dalam buah nanas terkandung zat asam dengan jumlah tinggi yang bisa membuat daging empuk.

Cara memarinasi daging dengan nanas, kamu bisa menghaluskan nanas, kemudian campur dengan daging dan tunggu selama 30 menit.

Selama proses marinasi ini, zat asam nanas akan bekerja untuk mengempukan daging. Setelah dimarinasi, daging siap untuk diolah.

3. Bungkus daging dengan daun pepaya

Bahan alami lain yang bisa digunakan untuk mengempukan daging yaitu daun papaya. Sama seperti nanas, di dalam daun pepaya juga terdapat kadar asam yang mampu membantu mengempukkan daging.

Cara mengempukan daging dengan daun papaya yaitu, bungkus daging dengan daun pepaya kemudian diamkan selama lebih kurang 1 jam.

4. Campur dengan bawang bombai

Cara mengempukan daging berikutnya, yaitu kamu bisa mencampur potongan bawang bombay dengan daging.

Selain alami, bawang bombai juga mudah ditemukan di pasar jadi kamu tidak akan susah mendapatkannya.

Cara mengempukkan daging bisa dilakukan dengan menggunakan bawang bombai sesuai takaran. Agar satu kilogram daging menjadi empuk, diperlukan satu buah bawang bombay utuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com