Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tajamkan Pisau Pakai Batu Asahan, Supaya Lancar Potong Daging

Kompas.com - 12/07/2020, 10:10 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Ketajaman pisau akan semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Sehingga pisau sebaiknya rutin diasah.

Pasalahnya, pisau tajam lebih aman daripada yang tumpul. Memakai pisau tumpul, kita harus mengiris dengan tenaga lebih yang bisa saja mengakibatkan pisau selip dan membahayakan.

 

Dewasa ini alat penajam pisau otomatis dapat dengan mudah dibeli secara offline maupun online. Namun, beberapa orang setia menggunakan batu asahan atau whetstone.

Bagaimana cara tepat mengasah pisau pakai batu asahan? The Spruce Eats menjelaskan tips berikut.

Persiapan sebelum mengasah

Sebelum mulai mengasah, siapkan dulu batu asahan dua sisi yakni halus dan kasar. Perlu diketahui bahwa tiap jenis pisau diperlukan derajat kemiringan yang berbeda, tetapi rata-rata sekitar 22 derajat.

Tak perlu menggunakan alat untuk mengukur kemiringan. Coba bayangkan, 90 derajat adalah posisi pisau lurus. Miringkan setengah yang menjadikannya 45 derajat, lalu miringkan lagi setengah. Itulah kira-kira 22 derajat.

Ilustrasi pisau diasah pakai batu asahan (whestone). SHUTTERSTOCK/ALENA TS Ilustrasi pisau diasah pakai batu asahan (whestone).

Whetstone kerap kali tertukar arti dengan waterstone, fungsi keduanya sama tetapi bahan dan penggunaannya berbeda.

Whetstone bisa terbuat dari batu alam maupun buatan. Beberapa batu asahan dapat digunakan dalam keadaan basah, lainnya tidak. Misalnya batu asahan sintetik, kalau direndam atau terlalu sering kena air maka akan cepat rusak.

Ketika dipakai mengasah, whestone sebaiknya dalam keadaan kering. Air maupun minyak dapat meluruhkan partikel metal kecil pada whestone, yang nantinya membuat tepi pisau lebih kasar daripada saat batu asahan kering.

Sementara waterstone yang terbuat dari batu alam, biasanya dari Jepang. Membasahi waterstone dapat melarutkan batu yang dapat menghasilkan lumpur berpasir untuk membantu mengasah pisau.

Cara mengasah pisau pakai batu asahan

1. Letakkan batu asahan di atas talenan atau meja, bagian kasar menghadap atas. Letakkan tisu makan basah di bawah batu asahan, supaya tidak geser saat dipakai.

2. Pegang pisau dengan satu tangan, arahkan bagian tajamnya ke batu asahan dengan kemiringan sekitar 22 derajat. Kalau dirasa kurang stabil, bisa pakai dua tangah.

3. Asah pisau ke arah depan sampai semua bagian pisau terkena batu asahan. Asah dengan tekanan sedang dan stabil. Asah kedua sisi pisau, sebanyak 10 geseran tiap sisi.

Pisau harus diasah satu arah, bukan bolak-balik. Bisa ke depan-belakang, atau belakang-depan. Pilih salah satu.

Ilustrasi sharpening steel untuk mengasah pisau. SHUTTERSTOCK/RAWPIXELCOM Ilustrasi sharpening steel untuk mengasah pisau.

4. Balikkan batu asahan, asah pisau lagi pada sisi halus. Asah kedua sisi, sebanyak 10 geseran tiap sisi.

5. Selesaikan dengan diasah sebentar pada sharpening steel kalau ada. Cuci dan keringkan pisau. Pastikan tak ada partikel metal yang menempel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com