Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Indomie Khas Daerah Jadi Oleh-oleh, Bagaimana Rasanya Menurut Orang Asli Daerah?

Kompas.com - 02/07/2020, 17:17 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Mi instan jadi salah satu comfort foods yang mudah diperoleh di mana pun dan kapan pun. Salah satu merk mi instan Indonesia, Indomie, punya aneka ragam varian rasa mi instan.

Selain yang populer seperti mi goreng, soto mie, dan kari ayam, Indomie juga ternyata punya varian rasa khas daerah yang mengambil rasa dari makanan khas daerah tersebut.

Baca juga: 5 Resep Kreasi Mi Instan ala TikTok, dari Seblak sampai Carbonara

Indomie dengan varian rasa khusus daerah ini biasanya hanya bisa ditemukan di daerah tersebut saja.

Beberapa yang terkenal adalah coto Makassar yang hanya ada di Makassar, mi cakalang dari Sulawesi Utara, dan masih banyak lagi.

Varian rasa khas daerah ini kemudian menjelma jadi salah satu pilihan oleh-oleh khas daerah tersebut. Banyak orang asli daerah tersebut yang sengaja membawa Indomie rasa khas daerah untuk jadi bingkisan di perantauan.

Hal tersebut salah satunya dilakukan oleh Tenri Gobel. Tenri merupakan warga asli Makassar yang saat ini menetap di Jakarta.

Beberapa waktu lalu, Tenri sempat minta dikirimkan satu kardus Indomie rasa coto Makassar dari rumahnya ke Jakarta.

“Iya kangen banget sama Makassar. Jadi mengirim itu dari Makassar ke Jakarta, demi makan itu karena enggak dijual di sini,” kata Tenri ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (23/6/2020).

“Itu jadi sejenis makanan ringannya untuk merasakan makan coto gitu loh. Alternatif bagi kaum kolesterol coto Makassar yang isinya daging ya,” sambung Tenri.

Tenri juga bahkan sering dimintai kerabatnya di Jakarta untuk menjadikan Indomie coto Makassar tersebut sebagai oleh-oleh.

Ilustrasi coto makassar. Dok. Tribun Timur/ Nurul Adha Islamiah Ilustrasi coto makassar.

Setelah mengunggah foto yang isinya Indomie coto Makassar, salah satu kerabatnya ada yang langsung meminta Indomie coto Makassar tersebut.

Karena banyak yang memintanya, Tenri pun mengirimkan beberapa bungkus Indomie ke beberapa teman dekatnya yang ingin mencoba varian rasa tersebut.

“Sering yang minta bawain Indomie. Karena awalnya gue kasih tahu jadi penasaran coba, jadi kalau gue balik ke Makassar pada nitip itu,” kata Tenri.

Indomie rasa khas daerah dianggap jadi salah satu pilihan mudah untuk bisa menikmati makanan khas daerah tersebut dengan cara yang mudah.

“Bisa jadi sekadar pengobat kangen kalau lagi pengen banget makan kuliner daerah versi murah dan instan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com