Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gordon Ramsay: Uncharted Sumatera Barat Besok Tayang, Ini Cerita di Balik Layar

Kompas.com - 28/06/2020, 21:27 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Program televisi Gordon Ramsay: Uncharted Season 2 episode Sumatra's Stunning Highlands besok, Senin (29/6/2020) tayang di saluran National Geographic.

Dalam episode tersebut, koki selebriti asal Inggris Gordon Ramsay akan belajar membuat rendang ditemani oleh William Wongso.

“Syuting itu 19-22 Januari 2020. Kebetulan Covid-19 itu sudah mulai merambah ya tapi mereka dan kita biasa saja karena enggak tahu. Enggak ada yang pakai masker,” tutur William dihubungi Kompas.com, Rabu (27/5/2020).

William bercerita tim Gordon Ramsay: Uncharted sebelumnya memiliki jadwal syuting di Tasmania.

Barulah tujuan selanjutnya India Selatan, untuk mengisi jeda yang kosong tim bermaksud syuting di Indonesia. Produser Selandia Baru menghubungi William Wongso dan ia menyarankan ke Sumatera Barat.

“Aku berikan semua data, dua minggu di-approve (disetujui). Mereka mulai approve saya itu September terus minggu ketiga Oktober, mereka sudah datang,” kata William.

Tak lama sejak pengajuan proposal mengenai Sumatera Barat itu, tim dari National Geographic yang berjumlah sekitar delapan orang dan terdiri dari tim inti datang ke Sumatera Barat.

“Karena banyak proses pemenuhan keamanan ketat sekali. Saat syuting saja, dia kemana-mana ambulans di belakang kok. Ada penasihat keamanan dari Amerika juga, sudah kayak presiden saja,” lanjut William sambil tertawa.

Baca juga: Agar Tak Bosan, Kreasikan Sisa Rendang Jadi 3 Hidangan Gampang Ini

Selama syuting tersebut, William yang punya julukan diplomat rendang menjelaskan bahwa agenda yang ia dan Gordon Ramsay lakukan cukup banyak.

Mulai dari upacara adat di Istana Pagaruyung, mencicipi durian, datang ke tempat pembuatan bika, mengikuti pacu jawi, sampai praktik memasak rendang untuk dipresentasikan ke Gubernur Sumatera Barat.

Upacara penyambutan Gordon Ramsay di Tanah Datar, Sumatera Barat. Dok. William Wongso Upacara penyambutan Gordon Ramsay di Tanah Datar, Sumatera Barat.

“Saya kasih tantangan untuk dia pelajari soal rendang terus nanti dia masak sendiri untuk dicoba sama gubernur," cerita William.

"Untuk hasilnya karena saya yang ngajarin, bumbunya kita yang ngajarin jadi ya enggak memalukan lah,” tutur William sambil tertawa.

William juga menyebutkan Ramsay sempat penasaran dengan dadiah, alias yoghurt ala Sumatera Barat yang tidak menggunakan ragi untuk fermentasi.

Baca juga: Cara Memasak Rendang yang Empuk tetapi Daging Tidak Hancur

William memilih Sumatera Barat untuk jadi lokasi syuting "Gordon Ramsay: Uncharted" karena ia merasa rendang bisa jadi benang merah yang sangat menarik.

Makanan khas Minang ini sudah dikenal di seluruh Indonesia, bahkan rendang juga sudah dikenal dunia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com