Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/06/2020, 17:04 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Masakan tongseng merupakan masakan sejenis gulai. Biasanya tongseng dibuat dengan menggunakan daging kambing atau sapi yang masih menempel pada tulangnya.

Dalam sesi #MasakdiRumahAja, Chef dari Hotel Tentrem Yogyakarta, Afifudin, mendemonstrasikan cara membuat tongseng dengan pilihan protein yang unik yakni menggunakan ikan salmon.

Baca juga: Resep Rosemary Chicken, Masak di Rumah ala Restoran Mewah

“Untuk tongseng sapi, kambing, itu biasa. Ada di setaip daerah. Saya akan membuat sesuatu yang berbeda. Jadi enggak hanya orang lokal tapi orang Eropa juga bisa consume dan rasanya juga unik,” kata Chef Afifudin dalam sesi #MasakdiRumahAja di Live Instagram @kompas.travel, Rabu (24/6/2020).

Cara membuat tongseng salmon ini relatif mudah dan tak memakan waktu lama. Bahan-bahannya pun mudah didapat. Jika tak suka ikan salmon, kamu juga bisa menggantinya dengan jenis ikan lain seperti ikan kakap putih.

Bahan salmon tongseng

  • 140 gram salmon
  • 1 buah jeruk lemon

Bahan kuah tongseng

Bumbu 1:

  • 20 gram bawang putih
  • 40 gram bawang merah
  • 3 gram kunyit
  • 5 gram kemiri

Bumbu 2:

  • 10 gram jahe
  • 2 gram daun jeruk
  • 10 gram serai
  • 5 gram cabai rawit
  • 200 gram tomat merah
  • 50 gram kol putih
  • Kaldu ayam secukupnya
  • Santan

Ikan salmonShutterstock Ikan salmon

Cara membuat tongseng salmon

1. Pertama, haluskan kelompok bumbu 1 sementara kelompok bumbu 2 dirajang halus. Sisihkan.

2. Siapkan potongan salmon fillet lalu beri garam dan merica, juga air jeruk lemon. Air jeruk bisa mengurangi bau amis ikan.

3. Sisihkan ikan salmon, panaskan wajan anti lengket. Jika wajan sudah panas, baru beri sedikit minyak.

Baca juga: Resep Lawar Ayam, Hidangan Khas Pelengkap Nasi Bali

4. Letakkan ikan di atas wajan yang sudah panas, lalu masak hingga matang. Jika dirasa sudah matang, angkat salmon dan sisihkan.

“Teflon harus panas, sebelum dikasih minyak harus panas dulu. Terus kasih tepung terigu ke atas salmonnya, sedikit saja. ini tujuannya biar enggak lengket,” kata Chef Afif.

5. Selanjutnya siapkan kuah tongseng. Panaskan wajan dan tambahkan sedikit minyak. Kemudian masukkan bumbu 1 yang sudah dihaluskan sebelumnya.

6. Tumis bumbu 1 sampai harum, lalu masukkan kelompok bumbu 2 yang sudah dirajang halus. Tumis hingga harum.

7. Setelah itu tambahkan kaldu ayam, masak hingga mendidih. Lalu tambahkan santan, masak hingga mendidih sambil terus diaduk. Kecilkan api agar santan tidak pecah.

Baca juga: Resep Buntut Bakar Sambal Hijau, Variasi Lain Mengolah Buntut Sapi

8. Tambahkan garam, gula, dan merica. Lalu aduk rata. Jangan lupa terus rasakan kuah tongseng untuk memastikan rasa sudah pas.

9. Selanjutnya, masukkan kol putih yang sudah dirajang, dilanjut dengan tomat. Masukkan kol putih dan tomat paling terakhir agar tidak terlalu layu.

10. Jika kuah tongseng sudah matang dan mendidih, matikan api dan mulai tata di piring. Letakkan ikan salmon di dalam piring, lalu tuangkan kuah tongseng ke atasnya.

11. Jangan lupa letakkan arancini yang sudah dibuat sebelumnya sebagai pelengkap. Tongseng ikan salmon dengan arancini ini siap dinikmati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com