Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus Budi Luhur Tampilkan Motor Listrik BL-SEV01 di Pameran Teknologi

Kompas.com - 09/06/2023, 10:51 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Budi Luhur (UBL) menjadi satu-satunya kampus Jakarta yang dipilih oleh Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Provinsi DKI Jakarta untuk mengikuti pameran Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV di Lampung.

Pameran tersebut ajang tukar-menukar informasi dan promosi terkait dengan inovasi teknologi tepat guna dari seluruh Provinsi se-Indonesia.

Baca juga: Suka Makan Pecel Lele dan Ayam? Ini Bahayanya Menurut Dosen FK UMM

Universitas Budi Luhur membuka stand pameran dengan menampilkan hasil karya dosen dan mahasiswa di bidang teknologi dan lingkungan.

Dalam rilis yang diterima, Jumat (9/6/2023) memberitahukan, Unversitas Budi Luhur menampilkan Motor Listrik BL-SEV01 memiliki tenaga baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere serta mampu menempuh jarak 140 kilometer sekali pengisian daya.

Motor listrik ini juga mencatat rekor sebagai turing Jakarta-Mandalika dengan jarak tempuh 1.340 kilometer.

Bank Sampah Budi Luhur juga diikutkan dalam pameran ini dengan menampilkan daur ulang sampah seperti lukisan tulang daun dan kemasan sachet makan minuman menjadi dompet dan tas.

Universitas Budi Luhur memamerkan Pompa Hidram yang berfungsi untuk menaikan air ke tempat lebih tinggi tanpa menggunakan bahan bakar atau listrik dengan mengandalkan aliran sungai.

Selanjutnya, Smart Fish Pond yang berfungsi untuk mengontrol pakan ikan, mengontrol air keruh dan memfoto permukaan isi kolam air.

Baca juga: 23 Kampus yang Ditutup, Kemendikbud: Banyak di Jakarta dan Jabar

Dengan adanya pameran teknologi ini menjadi ajang publikasi dan promosi dengan menampilkan hasil karya teknologi lingkungan sehingga dapat dilihat langsung oleh masyarakat.

Meyer, salah seorang pengunjung merasa kagum melihat inovasi teknologi yang dibuat dosen dan mahasiswa Universitas Budi Luhur.

"Saya kagum dengan kreatifitas Universitas Budi Luhur. Ini satu terobosan dan inovasi yang harus didukung. Pemerintah juga menggalakan kendaran listrik mengurangi emisi dan pemanasan global," ujar Meyer.

Senada dengannya, Ziah pelajar SMA ini menilai inovasi yang diluncurkan kampus Budi Luhur berdampak positif bagi lingkungan.

Baca juga: Kemendikbud: Ini Sebaran Wilayah 23 Kampus yang Ditutup

"Ini keren banget ada motor listrik, ada sampah daur ulang dan aku lihat keren ini pengalaman saya pertama dan seru banget. Semoga anak muda lebih peduli lagi dengan kemajuan Teknologi dan berkontribusi untuk Indonesia," kata Ziah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com