Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Jenis Beasiswa Indonesia Bangkit 2023 dan Jadwalnya

Kompas.com - 07/06/2023, 16:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) dari Kementerian Agama (Kemenag) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Kementerian Keuangan (LPDP Kemenkeu) masih dibuka hingga 25 Juni 2023 mendatang.

Melalui Beasiswa Indonesia Bangkit 2023 ini, kamu bisa melanjutkan pendidikan S1 hingga S3 secara gratis baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Beasiswa Indonesia Bangkit 2023 sendiri dibagi menjadi dua yakni program gelar (degree) dan program non-gelar (non-degree).

Bagi kamu yang mengincar beasiswa gelar dari Beasiswa Indonesia Bangkit 2023 ini, ada tiga jenis beasiswa yang bisa kamu pilih.

Baca juga: Beasiswa Indonesia Bangkit Kemenag 2023: Bisa Kuliah S1-S3 Gratis

Jenis Beasiswa Indonesia Bangkit 2023

Tiga jenis beasiswa Indonesia Bangkit untuk program ini juga dibagi lagi menjadi program yang diinginkan yakni program Sarjana maupun Pascasarjana.

Lantas apa saja jenis Beasiswa Indonesia Bangkit 2023?

Melansir laman beasiswa.kemenag.go.id, Rabu (7/6/2023) berikut jenis beasiswa Indonesia Bangkit 2023 yang bisa kamu coba.

1. Beasiswa Umum

A. Beasiswa Umum S1 Dalam Negeri

Beasiswa ini merupakan program beasiswa yang diperuntukkan bagi Lulusan Satuan Pendidikan Umum dan Keagamaan Jenjang Menengah di bawah binaan Kemenag/Pondok Pesantren/Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Menengah di bawah binaan Kemenag/Lulusan SMA atau SMK untuk melanjutkan studi pada jenjang S1 di perguruan tinggi dalam negeri.

B. Beasiswa Umum S2 Dalam Negeri 

Beasiswa Umum S2 Dalam Negeri merupakan program beasiswa yang diperuntukkan bagi lulusan S1 Perguruan Tinggi Keagamaan/Fakultas Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum, Alumni Program Beasiswa Santri Berprestasi, Guru Pendidikan Agama, Guru Madrasah, Tenaga Kependidikan di Bawah Kementerian Agama, Penyuluh Agama, dan Pegawai Kementerian Agama untuk melanjutkan studi pada jenjang S2 di perguruan tinggi dalam negeri.


Baca juga: Cerita Asep, Bisa Lulus S1 Tanpa Skripsi di UM Surabaya

c. Beasiswa Umum S2 Luar Negeri

Beasiswa Umum S2 Luar Negeri merupakan program beasiswa yang diperuntukkan bagi lulusan S1 Perguruan Tinggi Keagamaan/Fakultas Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum; Guru, Tenaga Kependidikan, dan Pengawas di Bawah Kementerian Agama; alumni Program Beasiswa Santri Berprestasi; dan Pegawai Kementerian Agama untuk melanjutkan studi pada jenjang S2 di perguruan tinggi luar negeri.

d. Beasiswa Umum S3 Dalam Negeri

Beasiswa Umum S3 Dalam Negeri merupakan program beasiswa yang diperuntukkan bagi Dosen Perguruan Tinggi Keagamaan, Dosen Agama pada Perguruan Tinggi Umum, dan Pegawai Kementerian Agama untuk melanjutkan studi pada jenjang S3 di perguruan tinggi dalam negeri.

e. Beasiswa Umum S3 Luar Negeri

Beasiswa Umum S3 Luar Negeri merupakan program beasiswa yang diperuntukkan bagi Dosen Perguruan Tinggi Keagamaan, Dosen Agama pada Perguruan Tinggi Umum, dan Pegawai Kementerian Agama untuk melanjutkan studi pada jenjang S3 di perguruan tinggi luar negeri.

2. Beasiswa Prestasi

a. Beasiswa S1 Prestasi Dalam Negeri

Beasiswa Prestasi S1 Dalam Negeri merupakan program beasiswa yang diperuntukkan bagi Lulusan Satuan Pendidikan Umum dan Keagamaan Jenjang Menengah di bawah binaan Kemenag/Pondok Pesantren/Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Menengah di bawah binaan Kemenag/Lulusan SMA/SMK yang memiliki prestasi tingkat nasional/internasional dan atau MAN Insan Cendekia/Unggul untuk melanjutkan studi pada jenjang S1 pada perguruan tinggi di dalam negeri.

b. Beasiswa S1 Prestasi Luar Negeri

Beasiswa Prestasi S1 Luar Negeri merupakan program beasiswa yang diperuntukkan bagi Lulusan Satuan Pendidikan Umum dan Keagamaan Jenjang Menengah di bawah binaan Kemenag/Pondok Pesantren/Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Menengah di bawah binaan Kemenag/Lulusan SMA/SMK yang memiliki prestasi tingkat nasional/internasional dan atau MAN Insan Cendekia/Unggul untuk melanjutkan studi pada jenjang S1 pada perguruan tinggi di luar negeri.

Baca juga: Syarat Beasiswa Indonesia Bangkit Kemenag 2023 untuk S1 Dalam Negeri

c. Beasiswa Double Degree

Beasiswa Double Degree adalah beasiswa yang diperuntukkan bagi lulusan S1 Perguruan Tinggi Keagamaan/Fakultas Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum, atau alumni Program Beasiswa Santri Berprestasi untuk mendapatkan dua gelar akademis sekaligus dalam satu periode studi dari dua perguruan tinggi yang berbeda dari dalam negeri dan luar negeri

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com