Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nadya Febriani Terpilih Meraih Beasiswa Rp 100 juta dari PIP Makassar

Kompas.com - 04/06/2023, 16:48 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Setelah melalui babak penyisihan dan audisi dari 1.475 peserta, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar Solo Singing Contest A’Boya Tau Pore memasuki babak grand final.

Dari 11 orang finalis, terpilihlah Nadya Febriani Alfin yang menjadi juara pertama dan berhasil bahwa pulang hadiah beasiswa sebesar Rp 100 juta.

Baca juga: 23 Kampus Ditutup, Kemendikbud: Mahasiswanya Akan Difasilitasi Pindah

Persaingan ketat begitu terlihat pada malam grand final yang digelar di lapangan utama sekolah pelayaran terbesar di timur Indonesia ini pada Sabtu (3/6/2023).

Bahkan penampilan kesebelas finalis yang membawakan tembang andalannya ini membuat kewalahan para dewan juri yang terdiri dari Johan Kavinus, Andi Jelis Sumange, dan Taufiq Rahman.

Direktur PIP Makassar, Capt Sukirno dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Bagian Keuangan dan Umum PIP Makassar, Budi Joko Raharjo mengaku senang dengan penampilan para finalis yang maksimal dalam bernanyi.

Bahkan aksi para 11 peserta terbaik ini tidak hanya memukau penonton yang hadir di PIP Makassar, tapi masyarakat melalui live di YouTube dan Instragram PIP Makassar.

"Selamat untuk para pemenang, saya berharap para pemenang dapat meningkatkan kualitas tarik suara yang dimiliki dan terus berkiprah di dunia hiburan Tanah Air. Dan kami berharap para pemenang dapat terus bersilaturrahmi dengan kami dan mengisi acara PIP Makassar," ucap dia.

Dan kelima pemenang dari PIP Makassar Solo Singing Contest A’Boya Tau Pore adalah Juara I adalah Nadya Febriani Alfin, Juara II adalah Hiratul Kauzar, Juara III adalah Rezky Nur Alyah, Juara Keempat adalah Babra Julyastika, Juara Kelima adalah Roqib Baharudin Sniper.

Lalu untuk hadiahnya adalah beasiswa juara 1 sebesar Rp 100 juta, juara 2 sebesar Rp 50 juta, juara 3 sebesar Rp 35 juta, juara 4 sebesar Rp 20 juta, dan juara 5 sebesar Rp 10 juta.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para sponsor yang mendukung PIP Makassar Solo Singing Contest A’Boya Tau Pore, yaitu Bank Bukopin, BNI, Bank BJB, Asuransi Bumida, Hotel Swissbel, Hotel Novotel, Hotel Claro, Hotel Maxone, dan Radio Prambors. Dan berharap pada event Singing Contest tahun depan para sponsor masih bisa mendukung," jelas Capt Sukirno.

Baca juga: 23 Kampus Ditutup, akibat Jual Beli Ijazah dan Gunakan Dana KIP Kuliah

Kepala Bagian Keuangan dan Umum PIP Makassar, Budi Joko Raharjo menambahkan, tujuan kegiatan ini adalah memperkenalkan dan mempromosikan PIP Makassar kepada masyarakat, khususnya kepada remaja-remaja para lulusan sekolah menegah atas yang akan melanjutkan ke jenjang berikutnya agar bisa mengetahui dan PIP Makassar sebagai kampus tujuan mereka.

"Kami melihat ini merupakan promosi yang efektif dan tepat sasaran, karena sangat menarik minat para remaja untuk mengetahui tentang PIP Makassar. Terlebih lagi hal ini tidak memakan waktu dan tenaga yang banyak jika kita melakukan promosi langsung ke sekolah-sekolah yang berada di beberapa tempat. Hal ini sesuai dengan persyaratan untuk mengikutin lomba ini yaitu 17 hingga 25 tahun," tutur dia.

Menurut Budi, promosi lomba untuk ini walaupun singkat, selama dua bulan, tapi dilakukan secara menarik.

Tidak hanya membagikan brosur ke sekolah-sekolah dan melalui media sosial namun dilakukan aktivitas ketarunaan seperti drum band di Pantai Losari dan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar.

Bahkan pihak juga melakukan promosi dengan melibatkan taruna untuk bernyanyi di Trans Studio Mall (TSM) Makassar.

Baca juga: Kisah Martono, Raih Gelar Doktor dengan IPK 4,00 di UNY

"Proses berawal ada sebanyak 1.475 orang yang mendaftar lalu diseleksi administrasi dan yang mendaftar ulang ada 800 peserta untuk mengikuti audisi. Setelah audisi tersisa 286 peserta dan dari jumlah itu tersisa 100 orang. Lewat dua hari penyisihan akhir didapati 12 peserta yang berhak masuk ke babak final, tapi 1 orang mengundurkan diri," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com