Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Kualitas Udara di Area Kampus, UI Hadirkan 450 Sepeda Listrik

Kompas.com - 03/06/2023, 11:00 WIB
Dwi Oktariana,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) bersama PT Beam Mobility Indonesia meresmikan penggunaan sepeda listrik Beam Rover di area UI Kampus Depok, Selasa (30/5/2023). Launching penyediaan layanan sepeda listrik ini diadakan di Taman Lingkar Perpustakaan UI.

Peluncuran Beam Rover merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepakatan Bersama yang telah ditandatangani Rektor UI, Ari Kuncoro dan President Director/CEO PT Beam Mobility Indonesia, Alan Julian Jiang

Upaya ini merupakan wujud komitmen UI untuk menciptakan lingkungan belajar yang inovatif, berkelanjutan, dan sejalan dengan perkembangan teknologi.

Pada acara tersebut, Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI, Dedi Priadi mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan langkah maju untuk mewujudkan visi UI dalam memperbaiki layanan mobilitas di kampus sekaligus menunjukkan komitmen terhadap pelestarian lingkungan.

Baca juga: Ikut SIMAK UI 2023, Perserta Tak Perlu Nilai UTBK

Dengan memanfaatkan teknologi ini, UI memberikan alternatif transportasi yang efisien, hemat waktu, dan berkelanjutan bagi para mahasiswa, dosen, dan staf UI.

“Saya yakin kerjasama ini akan memberikan dampak positif yang besar. Selain memberikan alternatif mobilitas yang praktis, Beam Rover dapat mengurangi emisi karbon di lingkungan kampus, mengurangi kemacetan, serta mendorong budaya berkelanjutan yang membawa manfaat jangka panjang bagi kita semua,” ujar Dedi.

Country Head PT Beam Mobility Indonesia, Ady Muzadi mengungkapkan rasa senang dan bangganya karena PT Beam Mobility Indonesia dapat bekerja sama dengan UI dalam mendorong gerakan green living di Indonesia.

“Kami menyadari UI merupakan lembaga pendidikan terkemuka di Indonesia dan salah satu universitas tertua dengan sejarah panjang yang mengesankan. Layanan yang kami berikan merupakan wujud sebenarnya dari micro-mobility di mana kami memfasilitasi mobilitas mahasiswa di lingkungan kampus melalui armada listrik. Sebagai kerja sama pertama kami dengan pihak universitas, kami memastikan untuk menyediakan layanan Beam secara maksimal di kawasan UI,” ujar Ady.

Baca juga: 10 PTN Terbaik di Indonesia Versi SIR 2023, Ada UI dan UGM

Beam Rover telah diujicobakan di kawasan UI sejak 25 Mei 2023. Untuk peluncuran perdana, terdapat 450 unit armada yang dioperasikan di 42 titik parkir yang tersebar di seluruh kawasan UI. Beam Rover memiliki batas kecepatan maksimal 25km/jam yang dilengkapi dengan baterai cadangan dan fitur teknologi Internet of Thing (IoT).

Kondisi kendaraan dapat dimonitor secara real-time melalui aktivasi geofencing sehingga jika terjadi permasalahan seperti diperlukan penggantian baterai, dapat terdeteksi secara otomatis. Pengguna juga tidak perlu khawatir mengenai keamanan armada Beam karena sistem keamanan terus ditingkatkan. Pihak Beam Mobility membentuk BEAM Rapid Response Ranger sebagai tim yang secara khusus membantu pengguna mengoperasikan armada di kawasan UI.

Di area UI, Beam Rover beroperasi pada pukul 05.00–23.00 WIB. Untuk mengoperasikannya, pengguna cukup mengunduh aplikasi Beam di App Store atau Google Play dan menemukan sepeda listrik terdekat melalui aplikasi.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran Jalur Mandiri UI, Unpad, UGM, dan Unair 2023

Selanjutnya, aplikasi dapat memindai kode QR dan mengikuti petunjuk di dalam aplikasi untuk membuka kendaraan. Sebelum berkendara, pengguna harus menggunakan helm dan mengecek semua peralatan kendaraan, termasuk rem.

Selama berkendara, jika ingin mengurangi kecepatan, pengguna dapat melepaskan stang kanan dari pegangan kemudian tarik tuas rem pada stang kendaraan. Selanjutnya, untuk mengakhiri perjalanan, ia dapat memarkirkan kendaraan di tempat yang sudah ditentukan atau di tempat yang aman. Letakkan kendaraan jauh dari pejalan kaki, lalu lipat kembali standar sepeda listrik dan ikuti petunjuk pada aplikasi.

Pembayaran untuk penggunaan layanan ini dapat dilakukan dengan kartu kredit dan debit, atau dengan metode pembayaran populer di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com