BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan MSI

Enggak Cuma Buat “Nugas”, Ini Fungsi Lain Laptop yang Bisa Maksimalkan Aktivitas Belajar

Kompas.com - 02/06/2023, 15:04 WIB
Anissa DW,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Di tengah arus digitalisasi saat ini, fungsi laptop tak lagi terbatas pada mengetik pekerjaan atau tugas.

Lebih dari itu, laptop memiliki fungsi yang lebih luas yang menemani aktivitas sehari-hari, mulai dari bekerja, berkomunikasi, hingga hiburan.

Begitu juga bagi pelajar. Selain mengerjakan tugas, laptop juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung produktivitas dan proses belajar. Karena itu, laptop pun telah menjelma menjadi salah satu gawai yang melekat dengan berbagai aktivitas pelajar.

Kompas.com telah merangkum 4 fungsi lain laptop yang bermanfaat untuk memaksimalkan aktivitas belajar. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Mengatur jadwal belajar dan kegiatan harian

Bagi kamu yang punya segudang kegiatan, laptop bisa dimanfaatkan untuk mengatur jadwal harian agar tidak ada yang terlewat.

Kamu bisa memasang berbagai aplikasi produktivitas untuk memantau jadwal belajar, tugas-tugas yang harus dikerjakan, dan kegiatan harian. Misalnya, kamu bisa menggunakan TickTick.

Dengan platform tersebut, kamu bisa mengatur seluruh jadwal dan tugas dalam bentuk to-do-list. Kamu pun bisa membuat daftar pintar untuk mengelompokkan berbagai tugas. Contohnya, membuat daftar tugas sekolah sesuai mata pelajaran atau membuat daftar pekerjaan harian di rumah.

Aplikasi tersebut akan secara otomatis membuat pengingat ketika kamu menyertakan tenggat waktu dari daftar tugas baru yang dibuat.

2. Streaming video belajar atau kursus online

Digitalisasi membuat kegiatan belajar bisa dilakukan di mana saja. Tak hanya di sekolah, kamu juga bisa belajar lewat berbagai materi pembelajaran interaktif yang dapat diakses menggunakan laptop. Selain itu, kamu juga bisa mengakses kuliah online, streaming video belajar, dan kursus online.

Seperti diketahui, pembelajaran secara online memungkinkan kamu belajar melalui konten multimedia yang interaktif. Selain itu, kamu juga memiliki kendali terkait apa saja yang ingin dipelajari dan tidak.

Untuk memanfaatkan laptop sebagai teman belajar online, kamu bisa menggunakan berbagai platform. Contohnya, menonton video pembelajaran di YouTube, belajar bahasa asing dengan Duolingo, serta mengikuti bimbingan belajar (bimbel) online di Ruangguru dan Zenius.

3. Berkolaborasi dengan teman sekelas

Berkolaborasi dengan teman sekelas, baik untuk berdiskusi maupun mengerjakan tugas kelompok, juga bisa dilakukan menggunakan laptop. Kamu bisa memanfaatkan platform video conference untuk berdiskusi dengan teman sekelas, tanpa perlu berkumpul di satu tempat khusus.

Melalui video conference, kamu bisa membahas topik tugas secara mendetail dan melakukan pembagian tugas. Selain itu, diskusi juga bisa jadi lebih efektif karena biasanya platform video conference memiliki batas waktu tertentu untuk satu sesi panggilan.

Kemudian, kamu bisa membuat folder online pada platform cloud untuk mengumpulkan dan mengakses bahan belajar yang dibutuhkan dengan teman satu kelompok.

Agar kolaborasi dengan teman sekelas berjalan lancar, pastikan laptop yang digunakan memadai. Pasalnya, kualitas laptop yang digunakan juga berpengaruh pada kelancaran proses kolaborasi.

Apabila ingin memiliki laptop yang mumpuni, kamu bisa memilih laptop-laptop keluaran MSI. Saat ini, MSI tengah menyelenggarakan program promo Back to School mulai dari 29 Mei hingga 2 Juli 2023.

Melalui promo tersebut MSI memberikan diskon hingga Rp 6 juta untuk setiap pembelian laptop gaming dan produktivitas tertentu yang dilakukan di dealer resmi MSI, baik secara online maupun offline.

Lewat promo Back to School, MSI memberikan diskon hingga Rp 6 juta untuk setiap pembelian laptop gaming dan produktivitias tertentu di dealer resmi MSI pada 29 Mei ? 2 Juli 2023. MSI Lewat promo Back to School, MSI memberikan diskon hingga Rp 6 juta untuk setiap pembelian laptop gaming dan produktivitias tertentu di dealer resmi MSI pada 29 Mei ? 2 Juli 2023.

Tak hanya potongan harga, MSI juga memberikan promo bundel gaming mouse dan mousepad untuk setiap pembelian laptop jenis tertentu yang dapat mendukung aktivitas belajar kamu.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai promo Back to School, silakan kunjungi tautan berikut.

4. Buat tugas dengan desain ciamik

Tak jarang, tugas atau pekerjaan yang diberikan sekolah perlu didesain dengan ciamik. Contohnya, membuat bahan presentasi dari tugas makalah atau merangkum materi pembelajaran ke dalam sebuah infografik.

Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan laptop untuk membuat desain grafis, editing foto dan video, serta membuat presentasi.

Untuk membuat presentasi menjadi lebih menarik, misalnya. Kamu bisa menggunakan platform Canva atau Prezi. Kedua platform ini punya berbagai template presentasi yang dapat kamu personalisasi dan manfaatkan sesuai kebutuhan. Bahkan, kamu juga dapat mendesain presentasi sendiri dari nol.

Sementara, untuk mengedit foto dan membuat desain grafis, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Adobe Photoshop. Platform ini punya pilihan tools yang lengkap untuk mendukung kebutuhan desain, baik bagi pengguna pemula maupun profesional.

Itu tadi empat fungsi lain laptop yang bisa membantu kamu memaksimalkan aktivitas belajar dan meningkatkan produktivitas.

Pastikan kamu menggunakan laptop yang dapat menunjang seluruh aktivitas tersebut. Laptop dari MSI, misalnya, memiliki banyak produk yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan aktivitas penggunanya, termasuk para pelajar.

Bagi kamu yang ingin membeli produk laptop MSI, yuk segera ikutan promo Back to School. Informasi lengkap seputar promo tersebut bisa diakses dengan mengunjungi tautan ini.

Baca tentang

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com