Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibukanya Prodi Rekayasa Keolahragaan Itera, Ini Harapan Rektor

Kompas.com - 02/06/2023, 10:51 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Itera

KOMPAS.com - Program Studi (Prodi) S1 Rekayasa Keolahragaan menjadi salah satu prodi baru di Institut Teknologi Sumatera (Itera).

Pada tahun akademik 2023/2024, prodi tersebut siap menerima mahasiswa baru. Bahkan nantinya mahasiswa baru Prodi Rekayasa Keolahragaan Itera jadi mahasiswa yang pertama di Indonesia di jurusan tersebut.

Menurut Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, dengan dibukanya prodi ini ia berharap agar pendirian Prodi S1 Rekayasa Keolahragaan Itera dapat mendorong kemajuan olahraga Lampung, Sumatera, dan Indonesia.

Dijelaskan, Prodi S1 Rekayasa Keolahragaan Itera akan memadukan aspek anatomi dan fisiologi dengan aspek mekanik gerakan motorik tubuh manusia hingga input nutrisi melalui konsep terpadu.

Baca juga: Ikut MBKM, 6 Mahasiswa Itera Belajar Jadi Peneliti di BRIN

Prodi ini juga akan diperkaya dengan keilmuan berbasis rekayasa dengan didukung platform artificial intelligence (AI).

Tentunya untuk menghasilkan teknologi keolahragaan dalam upaya mendukung perolehan prestasi keolahragaan bagi para atlit maupun kesehatan fisik anak bangsa.

"Olahraga merupakan kebutuhan dasar manusia seperti halnya makanan untuk menjaga tubuh tetap bugar secara fisik," ujarnya dikutip dari laman Itera, Rabu (31/5/2023).

"Ada ungkapan men sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, oleh karena itu olahraga juga merupakan sarana untuk menjaga kesehatan rohani," imbuh Rektor.

Dikatakan, dalam kehidupan sosial, olahraga juga menjadi salah satu komoditas perekonomian yang menyumbangkan devisa yang tidak kecil dan menyerap tenaga kerja yang tidak sedikit jumlahnya.

Baca juga: Lulusan Prodi Baru Itera Ini Banyak Dibutuhkan Nasional, Cek Peluang Kariernya

Sementara itu, keilmuan dan teknologi keolahragaan dalam negeri, saat ini belum tampak hadir dan memadu dalam dunia akademik.

Oleh karenanya Itera hadir untuk mengisi ketimpangan ini, dengan harapan dapat berkontribusi signifikan bagi perkembangan dan kemajuan keolahragaan di tanah air melalui dibukanya Prodi S1 Rekayasa Keolahragaan.

Selain itu, kehadiran Prodi S1 Rekayasa Keolahragaan Itera dalam kluster keilmuan sains dan keteknikan akan berpadu dengan keilmuan prodi lainnya.

Seperti biologi, biomedik, informatika, elektronika, teknologi pangan, sains data, dan lainnya.

Perpaduan tersebut diharapkan dapat menjadi bagian ekosistem yang saling mendukung dan bersinergi dalam pengembangan ilmu dan teknologi keolahragaan.

"Untuk itu, mari putra dan putri terbaik Indonesia, bergabung dalam Prodi Rekayasa Keolahragaan Itera untuk menyongsong Indonesia emas," harap Rektor.

Adapun Itera secara resmi telah membuka Prodi S1 Rekayasa Keolahragaan usai keluarnya Keputusan Mendikbud Ristek RI Nomor 426/E/O/2023 tentang pendirian Prodi Baru S1 Rekayasa Keolahragaan Itera.

Untuk pendaftaran calon mahasiswa baru S1 Prodi Rekayasa Keolahragaan Itera telah dibuka melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Wilayah Barat yang pendaftarannya dibuka sampai 27 Juni 2023, melalui laman smmptnbarat.id.

Selain itu, dalam waktu dekat Itera juga akan membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur prestasi khusus, bagi para atlet berprestasi.

Baca juga: PPSDM Itera: Ini Tips Menjaga Kesehatan Mental bagi Mahasiswa

Sebagai tahun pertama, Prodi S1 Rekayasa Keolahragaan akan menerima sebanyak 60 mahasiswa baru dari jurusan IPA dan IPS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Itera


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com