Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delegasi Finlandia dan UNJ Dorong Kerja Sama Bidang Pendidikan

Kompas.com - 30/05/2023, 22:07 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Setelah kunjungan Ibu Negara Iran, delegasi dari Finlandia melakukan kunjungan dan tertarik menjalin bekerja sama dalam bidang pendidikan dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Delegasi Finlandia dipimpin Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Yang Mulia Pekka Kaihilahti didampingi beberapa pejabat Kementerian Pendidikan Finlandia.

Delegasi dari negara kawasan Skandinavia ini diterima langsung Rektor UNJ Prof. Komarudin, para Wakil Rektor serta perwakilan pimpinan lingkungan UNJ di kampus Rawamangun, Jakarta dalam Sesi Diskusi Akademik, Selasa (30/05/2023).

Mengawali pembicaraan, Duta Besar Pekka Kaihilahti, menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan pihak UNJ. Dubes Pekka menyebutkan, Indonesia dan Finlandia telah banyak menjalin kerja sama lintas sektor.

Lebih lanjut, Duta Besar juga menyebut kemungkinan memperlebar kerjasama tidak hanya dalam bidang pendidikan tetapi juga akan dapat membuka kerjasama di bidang ekonomi.

"Kami juga berkeinginan untuk mempromosikan kerja sama langsung lintas akademik," ujar Pekka.

Dalam kesempatan tersbut, Rektor UNJ Prof. Komarudin menyebutkan, kerja sama dengan Finlandia sudah lama terjalin. "Sejak 2015 sampai 2020, UNJ pernah menjadi host untuk seminar dan Forum Group Discussion," ujar Prof. Komarudin.

Saat itu ada agenda bertema "Indonesian Education with Finnish Teacher" yang merupakan hasil kerjasama dengan Finland University.

Delegasi dari Finlandia dipimpin Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Yang Mulia Pekka Kaihilahti melakukan kunjungan ke UNJ pada Selasa, 30 Mei 2023.DOK. UNJ Delegasi dari Finlandia dipimpin Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Yang Mulia Pekka Kaihilahti melakukan kunjungan ke UNJ pada Selasa, 30 Mei 2023.

Pada kesempatan ini juga, Ketua Senat UNJ, Prof. Hafiz Abbas, menyebutkan, UNJ berpotensi menjalin kerja sama dengan Finlandia di mana UNJ sendiri memegang capaian tingkat dunia di bidang olahraga dan kesenian.

Salah satu contoh adalah kontribusi medali terbanyak dari atlet asal UNJ dalam kejuaran internasional. "Untuk itu kita sangat tertarik untuk belajar dari sistem pendidikan terbaik dunia melalui kerjasama antara UNJ dengan Finlandia," ujar mantan Komisioner Komnas HAM ini.

Totok Bintoro, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNJ mengatakan, anggota Education Finland yang hadir ke UNJ pada hari ini menyampaikan apresiasi terhadap peranan UNJ secara nasional terutama di kancah Asia.

Baca juga: Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia, Kok Bisa?

 

"Delegasi Finlandia menyampaikan ketertarikan untuk observasi terhadap pencapaian UNJ. Ada beberapa bentuk kerja sama yang disebutkan di antaranya penyelenggara pelatihan atau kerjasama langsung antara institusi atau working group, ungkap Totok Bintoro.

"Nantinya akan ada pertemuan selanjutnya untuk membahas lebih detail mengenai skema kerja sama antara UNJ dan Finlandia," tambah Totok Bintoro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com