Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Internasionalisasi PTKI, Kemenag Gandeng Universiti Utara Malaysia

Kompas.com - 29/05/2023, 17:56 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) menggandeng Universiti Utara Malaysia (UUM) dalam melakukan internasionalisasi Perguruan Tinggi keagamaan Islam (PTKI).

"Melalui kerja sama ini, diharapkan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Indonesia dapat menjadi universitas kelas dunia," ujar Direktur PTKI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Ahmad Zainul Hamdi di Jakarta, Senin (29/5/2023).

Baca juga: Siswa SD hingga SMA Libur Sekolah pada 1-4 Juni 2023, Ini Infonya

Lima kampus UIN yang menjalin kolaborasi akademik dengan UUM, yakni UIN Ar-Raniy Banda Aceh, UIN Mataram, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Ampel Surabaya, dan UIN Raden Fatah Palembang.

Ruang lingkup kerja sama itu, di antaranya pensponsoran mahasiswa Indonesia oleh Kemenag untuk melanjutkan studi pascasarjana di UUM dan UIN.

Mahasiswa yang memenuhi syarat akan menerima sponsor beasiswa untuk melanjutkan studi dan mendapatkan pengalaman internasional, dengan tujuan mengembangkan sumber daya manusia holistik dan mempersiapkan calon pemimpin, pendidik, dan profesional.

Mahasiswa angkatan pertama yang akan disponsori oleh Kemenag diharapkan dapat memulai studinya pada September 2023. Kolaborasi lainnya dalam bidang riset internasional, kolaborasi publikasi jurnal ilmiah, dan lainnya.

"Hari ini kita penandatanganan MoU dan sekaligus MoA yang berarti itu akan diterapkan segera. September akan segera kita laksanakan, dengan salah satu perguruan tinggi terbaik di Asia, yaitu Universiti Utara Malaysia (UUM)," ucap Ahmad.

Pemilihan UUM sebagai mitra kerja sama bukan tanpa alasan. Menurut dia ada beberapa pertimbangan, salah satunya karena reputasinya, kualitasnya, jangkauannya yang lebih bisa terjangkau oleh para mahasiswa.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, M Ali Ramdhani menjelaskan, penandatanganan kerja sama dengan UUM merupakan bagian dari keinginan besar untuk mengimplementasikan sebuah desain besar PTKI.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran UGM Jalur Mandiri 2023

Salah satu bagian dari desain besar yang telah pihaknya buat itu adalah melakukan internasionalisasi PTKI.

"Ini adalah kegiatan kedua pada tahun ini ketika kita melakukan proses kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri. Dua pekan lalu kami melakukan sebuah kick off launching untuk double degree bersama Edinburgh University di Skotlandia, UK, untuk bidang ilmu Islamic Studies," ucap dia.

Wakil Rektor UUM, Prof. Mohd Fo'ad Sakdan menyampaikan penghargaan tinggi atas kepercayaan yang telah diberikan Kemenag kepada UUM.

Kerja sama itu diharapkan mendatangkan manfaat bagi seluruh pihak yang terlibat, mulai dari penelitian, pendidikan, penulisan jurnal, pertukaran pelajar, dan lain sebagainya.

Baca juga: Beasiswa LPDP 2023 Tahap 2 Dibuka 9 Juni, Catat Syarat dan Jadwalnya

"Tidak hanya dari segi akademik, bahkan juga di segi penelitian, pendidikan, penulisan jurnal, pertukaran mahasiswa, dan juga pertukaran dosen yang mana secara tak langsung kedua belah pihak akan mendapatkan mafaat bersama," tukas Prof. Sakdan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com