Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Fakultas yang Cocok bagi Siswa IPS dan Prospek Kerjanya

Kompas.com - 22/05/2023, 12:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa SMA dari jurusan Ilmu Pendidikan Sosial (IPS) yang ingin melanjutkan pendidikan biasanya akan memilih jurusan di rumpun ilmu yang sama.

Sehingga siswa SMA jurusan IPS kebanyakan akan memilih jurusan dari kelompok Sosial Humaniora (soshum).

Sama seperti jurusan dari kelompok ilmu Saintek, ada banyak jurusan favorit dari kelompok Soshum. Sebut saja Ilmu Komunikasi, Akuntansi hingga Manajemen.

Sebenarnya, jurusan IPA maupun IPS sama-sama memiliki prospek pekerjaan yang menjanjikan.

Lulusan jurusan kuliah dari rumpun sosial juga banyak dibutuhkan di dunia kerja. Melansir laman SMA Dwi Warna, Minggu (21/5/2023) membagikan informasi fakultas apa saja yang cocok bagi siswa IPS. Bagi kamu yang belum tahu lulusan jurusan IPS bisa masuk fakultas apa saja, berikut beberapa rekomendasinya:

Baca juga: Hal Wajib Dilakukan dan Dilarang Saat UTBK SNBT 2023 Gelombang 2

1. FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)

Rekomendasi fakultas untuk jurusan IPS SMA yang pertama adalah Fisip. Jurusan di bawah naungan FISIP juga menjadi jurusan favorit anak IPS.

Mayoritas universitas di Indonesia pasti memiliki fakultas ini. Di fakultas ini biasanya dibuka beberapa jurusan, seperti Hubungan Sosial, Sosiologi, Kesejahteraan Sosial, Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, dan masih banyak lagi.

Mahasiswa lulusan Fisip memiliki peluang untuk bekerja di bidang pemerintahan. Seperti aktivis, pekerja sosial, pengamat politik, jurnalis dan sebagainya. Selain itu, untuk lulusan Hubungan Internasional bisa bekerja sebagai diplomat atau duta besar.

2. Fakultas Hukum

Fakultas Hukum menjadi fakultas yang banyak diminati oleh siswa dari jurusan IPS. Mengambil jurusan di Fakultas Hukum berarti kamu akan belajar tentang sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat.

Mahasiswa hukum akan mempelajari tentang perundang-undangan. Termasuk hukum dasar, hukum pidana, hukum perdata, hukum internasional dan sebagainya.

Prospek lulusan fakultas hukum sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, ada beberapa pekerjaan yang bisa dipilih.

Contohnya kamu bisa menjadi pengacara, notaris, ahli hukum, konsultan hukum, dan sebagainya.

Baca juga: Biaya Kuliah UPI Jalur Mandiri 2023, Calon Mahasiswa Cek

3. Fakultas Psikologi

Jurusan Psikologi juga jadi kesempatan bagi siswa dari kelompok IPS. Jika kamu memiliki cita-cita untuk menjadi seorang psikolog, maka harus mengambil jurusan psikologi yang ada di Fakultas Psikologi.

Jurusan psikologi ini akan mempelajari tentang manusia, mulai dari perilaku, tindakan hingga jiwa yang mempengaruhi tindakan tersebut.

Lulusan Psikologi memiliki peluang yang besar dalam dunia kerja. Dimana lulusan psikologi bisa bekerja di perusahaan dengan posisi human resource, bekerja sebagai psikolog, recruiter, assessor, bidang pelatihan dan sebagainya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com