Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Daftar Seleksi Mandiri Unnes 2023 Jalur Prestasi dan Jalur Tes

Kompas.com - 19/05/2023, 08:47 WIB
Valencia Putri,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) sedang membuka penerimaan mahasiswa baru 2023 melalui Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-Unnes).

Jalur Prestasi dan Jalur Seleksi Mandiri Reguler S1 Tes Tahap 1 merupakan dua dari sejumlah jalur yang dibuka Unnes untuk program S1 dan D3.

Jalur Prestasi merupakan proses seleksi mandiri untuk penerimaan mahasiswa baru program S1 dan D3. Pendaftaran dibuka hingga 9 Juni 2023.

Sementara itu, Seleksi Mandiri Berdasarkan Tes tahap 1 adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri dengan tes berbasis komputer dan penilaian portofolio. Pendaftaran dibuka hingga 9 Juli 2023.

Baca juga: 6 Jalur Mandiri PTN 2023 Tanpa Uang Pangkal: UGM, UI, ITS, hingga UIN

Jalur Prestasi Unnes 2023

Tujuan dari SM-Unnes Jalur Prestasi untuk tahun akademik 2023/2024 adalah untuk meningkatkan kualitas mahasiswa baru di Unnes serta sebagai bentuk penghargaan bagi siswa yang memiliki prestasi luar biasa atau menjadi juara dalam bidang olahraga, seni, olimpiade/lomba mata pelajaran, maupun keagamaan.

Peserta dapat memilih hingga dua program studi (Prodi) dalam jalur prestasi ini.

Pendaftaran dibuka hingga 9 Juni 2023. Informasi lengkap mengenai persyaratan dan jadwal pendaftaran yang dilansir melalui website resmi Unnes.

Berikut adalah persyaratan umum yang harus dipenuhi:

Persyaratan umum

  1. Siswa SMA/MA/SMK/MAK yang terdaftar aktif di kelas XII/XIII pada tahun 2023, dengan bukti Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.
  2. Sanggup mengikuti Etika dan Tata Tertib Mahasiswa UNNES serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNNES, termasuk kewajiban membayar biaya pendidikan seperti Uang Kuliah Tunggal (UKT) rendah (kategori I atau II), biaya hidup selama masa studi, dan lain-lain.
  3. Menandatangani surat kesanggupan berprestasi selama masa studi di atas materai Rp 10.000 yang akan dievaluasi oleh tim.

Baca juga: Biaya Kuliah UPN Veteran Jakarta Jalur Mandiri 2023, Cek UKT-SPI

Persyaratan Khusus

  1. Memiliki prestasi atau sertifikat/surat keterangan sebagai Juara I, II, atau III (mendapatkan sertifikat, piala, atau medali emas, perak, dan perunggu) dalam tingkat Nasional di bidang olahraga, seni/budaya, olimpiade/lomba mata pelajaran, maupun keagamaan yang dicapai selama berada di SMA/MA/SMK/MAK.
  2. Meraih Juara I (mendapatkan sertifikat, piala, atau medali emas) dalam tingkat provinsi di bidang olahraga, seni/budaya, olimpiade/lomba mata pelajaran, maupun keagamaan yang dicapai selama berada di SMA/MA/SMK/MAK.
  3. Memiliki keahlian/kemampuan luar biasa yang dapat dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga, seperti hafalan Alquran minimal 20 juz bagi muslim atau prestasi keagamaan lainnya bagi non-muslim, penemu teknologi tepat guna yang dibuktikan dengan paten, hak cipta, atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) lainnya yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (individu atau kelompok maksimal 3 orang).
  4. Pernah menjabat sebagai KETUA OSIS/Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) yang berprestasi selama menempuh studi di SMA/MA/SMK/MAK.
  5. Meraih prestasi atau menjadi juara dalam cabang olahraga nomor perorangan seperti beladiri, tenis lapangan, tenis meja, bulutangkis, panahan, atletik, renang, e-sport, dan sepak takraw yang diakui oleh KONI, Kemdikbud, dan merupakan kejuaraan resmi yang dapat dibuktikan dengan surat pengantar dari induk organisasi olahraga.
  6. Meraih prestasi atau menjadi juara dalam bidang seni, teknologi, seperti musik, vokal, tari, penulisan/baca puisi, nembang macapat, seni lukis, seni kriya, komik, poster, batik, programmer, robotik, animator, desain, dan fotografi untuk perorangan; atau dalam bentuk kelompok seperti teater (maksimal 6 orang), karawitan/musik tradisi (maksimal 10 orang), dan tari (berpasangan) yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek atau Kementerian terkait lainnya.
  7. Meraih juara dalam olimpiade/lomba mata pelajaran yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek, Kemenag, atau Kementerian terkait lainnya sebagai peserta perorangan.
  8. Meraih juara dalam lomba keagamaan seperti MTQ atau lainnya yang diselenggarakan oleh Kemenag, Kemendikbudristek, atau Kementerian terkait lainnya sebagai peserta perorangan.
  9. Bukti sertifikat, piagam kejuaraan atau surat keterangan sesuai bidang prestasi/kemampuan luar biasa pada huruf a sampai h harus disahkan oleh Kepala Dinas setempat atau pejabat/pengampu yang berwenang.
  10. Lulus Ujian Tulis Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA).

Pendaftaran untuk program seleksi jalur prestasi dilakukan secara daring (online) mulai dari tanggal 1 Maret hingga 9 Juni 2023. Calon mahasiswa dapat mengakses laman pendaftaran melalui https://penerimaan.unnes.ac.id

Baca juga: Beasiswa S1 Jepang, Gratis Kuliah dan Uang Saku Rp 12 Juta Per Bulan

Seleksi Mandiri Reguler S1 Tes Tahap 1

Peserta SM-Unnes 2023 berhak memilih maksimum 2 (dua) program studi (prodi). Pendaftaran online untuk jalur ini dibuka 17 Mei hingga 9 Juli 2023.

Persyaratan umum

  1. Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) tahun 2023, 2022, dan 2021;
  2. Memenuhi persyaratan sesuai program studi yang dituju;

Materi Tes

  1. Bahasa Inggris
  2. TPA

Baca juga: Biaya Kuliah ITS Jalur Mandiri 2023, Cek Biaya SPP, SPI dan SPA

Cara daftar

Langkah-langkah pendaftaran SM-Tes 1 UNNES 2023 adalah sebagai berikut:

  1. Membuka laman https://unnes.ac.id/admission/;
  2. Mengisi biodata;
  3. Mengisi formulir pendaftaran secara online untuk memperoleh kode Virtual Account (VA) sebagai syarat pembayaran biaya pendaftaran SM-Tes 1 UNNES 2023;
  4. Memilih program studi yang diminati;
  5. Dengan menggunakan kode Virtual Account (VA), calon peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan besaran sesuai dengan pilihan prodi yang diambil. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank BNI atau Bank BTN channel teller, ATM, internet banking di seluruh Indonesia;
  6. Peserta yang memilih program studi seni dan olahraga mengunggah dokumen portofolio sesuai dengan ketentuan;
  7. Peserta mengunduh dan mengisi borang kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), ditandatangani orang tua/wali diatas materai Rp. 10.000,- kemudian diunggah kembali;
  8. Mencetak bukti pendaftaran Seleksi Mandiri;
  9. Mencetak Kartu ujian Seleksi Mandiri sesuai jadwal yang ditentukan;
  10. Mengikuti tes sesuai jadwal dan pilihan lokasi di UNNES atau domisili.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com