Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Soal UTBK 2023 Bisa Bocor? SNPMB: Soal Tiap Sesi Beda-beda

Kompas.com - 15/05/2023, 15:52 WIB
Dwi Oktariana,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023 gelombang 1 telah berakhir pada Minggu (14/5/2023). Selama pelaksanaannya, UTBK gelombang 1 diwarnai dengan beberapa isu dugaan kecurangan hingga kebocoran soal.

Dugaan kecurangan UTBK terjadi di beberapa pusat UTBK, seperti Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Lampung (Unila), dan Universitas Bengkulu (Unib) terjadi pada pelaksanaan hari pertama hingga hari ketiga gelombang 1 UTBK 2023.

Temuan kecurangan di tiga pusat UTBK tersebut diunggah dan sempat membuat ramai peserta UTBK 2023 di media sosial. 

Selain tindak kecurangan, isu tentang kebocoran soal UTBK yang beredar di media sosial juga sempat ramai jadi perbincangan warganet.

Baca juga: Datang Berboncengan dari Temanggung, Ibu Ini Menunggu Penuh Sabar Putrinya Ikut UTBK di UGM

Dilansir dari Kompas.com, beberapa pengguna Twitter membagian gambar soal yang diduga berasal dari UTBK hari pertama.

[BOCORAN SOAL UTBK SNBT 2023] UPDATE SETIAP HARI. Pengetahuan Kuantitatif, Penalaran Matematika dan Penalaran Umum. Yuk belajar lagi supaya LULUS di SNBT tahun ini!!,” cuit sebuah akun.

Ada pula beberapa kanal Youtube yang juga mengunggah video berisi bocoran soal UTBK hari pertama lengkap dengan cara mengerjakannya.

Soal PK & PU UTBK SNBT 2023. yuk disimak FR hari ini dari teman2 kita yang sudah ikut UTBK. Pada video ini kita berbagi sedikit soal2 yang keluar di hari pertama penyelenggaraan utbk 2023 ya,” tulis sebuah kanal Youtube.

Baca juga: Cerita Peserta UTBK 2023 di Unpad: Ikut Bimbel, Minta Doa Orangtua

Apa kata tim pelaksana SNPMB 2023?

Menanggapi isu yang beredar, Ketua Pelaksana Eksekutif SNPMB, Prof. Budi Prasetyo Widyobroto menjelaskan untuk tidak perlu khawatir dengan isu bocornya soal UTBK 2023 di media sosial.

Menurutnya, dalam setiap sesi tes UTBK akan memiliki 28 sesi dengan tipe dan jenis soal yang berbeda di setiap peserta.

“Jadi soal yang dikerjakan akan berbeda dan di antara satu dengan yang lainnya pada sesi yang sama juga berbeda soal,” ucap Budi kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB, Prof. Mochamad Ashari juga menjamin kejadian kebocoran soal UTBK 2023 di media sosial tidak akan merugikan peserta UTBK lainnya.

Hal ini karena soal UTBK yang diberikan akan berbeda dan tidak akan ada soal yang sama pada setiap peserta di tiap sesi UTBK.

Baca juga: 15 Hal yang Buat Peserta Kena Blacklist di UTBK SNBT 2023

“Kecurangan yang menyebabkan soal ujian dapat tersebar di media sosial tidak akan merugikan peserta ujian yang lain karena soal-soal tersebut telah diacak, Sehingga tidak sama antar peserta di sesi ujian yang sama, apalagi jika sesi ujian berbeda waktu,” ujar Ashari.

Terkait kecurangan yang terjadi di beberapa pusat UTBK, pihak SNPMB memastikan akan melaporkan setiap tindak kecurangan dan tindak kriminal lainnya yang terjadi selama pelaksanaan UTBK ke pihak yang berwajib.

“Kalau sudah ranah kriminal, pasti akan diserahkan ke penegak hukum,” kata Budi.

Lalu, Ashari juga menyebutkan seluruh kecurangan yang terjadi pada pelaksanaan UTBK gelombang 1 telah dilaporkan ke aparat penegak hukum.

“Semua kecurangan ditindaklanjuti dengan melaporkan ke aparat penegak hukum,” jelas Ashari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com