Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peningkatan Mutu Pengajaran Bahasa Mandarin di Indonesia Perlu Dilakukan

Kompas.com - 06/05/2023, 18:37 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Association of National & Private Schools Indonesia (ANPS) bekerja sama dengan Bina Bangsa School untuk menyelenggarakan sebuah konferensi guru Bahasa Mandarin yang bertujuan untuk membahas Model Penilaian dan Pengajaran Bahasa Mandarin yang Efektif.

Konferensi ini diadakan di Jakarta dan dihadiri oleh para guru dan pengajar Bahasa Mandarin dari berbagai sekolah di Indonesia.

Baca juga: Dibuka 5 Mei, Ini Syarat dan Jadwal Rekrutmen Bersama BUMN 2023 bagi D3, S1, dan S2

Konferensi yang diselenggarakan di Bina Bangsa School Jakarta pada Sabtu (6/5/2023) membahas banyak topik yang sangat relevan dalam pengajaran Bahasa Mandarin di Indonesia.

Salah satu topik yang menjadi sorotan adalah penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran Bahasa Mandarin.

ChatGPT adalah sebuah teknologi yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menghasilkan teks atau percakapan seperti manusia yang dapat digunakan dalam pengajaran Bahasa Mandarin.

Hal ini sangat bermanfaat dalam membantu para guru dan pengajar dalam membuat kurikulum dan materi pembelajaran yang lebih menarik dan efektif.

Selain itu, konferensi ini juga membahas bagaimana mengajar Bahasa Mandarin ke generasi Alpha.

Generasi Alpha adalah generasi yang lahir pada tahun 2010-an dan merupakan generasi pertama yang tumbuh besar dalam era teknologi digital.

Oleh karena itu, cara mengajar dan memotivasi generasi Alpha dalam pembelajaran Bahasa Mandarin juga menjadi topik yang sangat penting dan menarik untuk dibahas.

Ketua dari ANPS, Hendro Widjaya menyatakan bahwa konferensi ini merupakan upaya ANPS untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran Bahasa Mandarin di Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi kerja sama dengan Bina Bangsa School dalam menyelenggarakan konferensi ini. Kami berharap konferensi ini dapat memberikan banyak manfaat bagi para guru dan pengajar Bahasa Mandarin di Indonesia," ujar dia dalam keterangannya.

Baca juga: Biaya Kuliah 43 Prodi Unair Jalur Mandiri 2023

Superintenden Bahasa Mandarin dari Bina Bangsa School, Pan Yue Shu mengatakan, Bina Bangsa School sangat bangga menjadi sekolah terdepan dalam mengajarkan Bahasa Mandarin di Indonesia.

"Kami selalu berusaha untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran Bahasa Mandarin di sekolah kami. Kami berharap konferensi ini dapat memberikan wawasan dan inspirasi baru bagi para guru dan pengajar Bahasa Mandarin di Indonesia," ucap dia.

Direktur Muda Akademic Bina Bangsa School, Yuliana Puspitasari menambahkan, semua pihak harus terus mengikuti perkembangan teknologi dalam pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran Bahasa Mandarin.

Konferensi ini juga dihadiri oleh pembicara-pembicara yang handal dari sekolah-sekolah lainnya di Indonesia.

Para pembicara ini membahas pengalaman mereka dalam mengajar Bahasa Mandarin dan berbagi tips dan trik yang dapat membantu para guru dan pengajar Bahasa Mandarin dalam meningkatkan kualitas pengajaran di sekolah mereka.

Baca juga: 10 Kampus Punya Jurusan Kedokteran Gigi Terbaik Indonesia, Ada 2 PTS

Secara keseluruhan, konferensi ini merupakan sukses besar dan memberikan banyak manfaat bagi para guru dan pengajar Bahasa Mandarin di Indonesia.

ANPS dan Bina Bangsa School berharap dapat menyelenggarakan konferensi serupa di masa depan untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran Bahasa Mandarin di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com