Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kuliah Jurusan Arsitektur? Ketahui Dulu 5 Hal Ini

Kompas.com - 29/04/2023, 10:52 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi yang sedang mencari info jurusan kuliah, maka bisa mencoba Jurusan Arsitektur. Arsitektur adalah salah satu bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mendesain bangunan dan lingkungan binaan.

Dalam jurusan arsitektur, mahasiswa akan dibawa ke dunia desain mendesain bangunan dan lingkungan binaan serta dibekali dengan kemampuan teknis lain yang menunjang bidang ilmu arsitektur.

Namun sebelum benar-benar memilih jurusan ini, kamu harus paham 5 hal sebelum masuk jurusan arsitektur.

Menurut Dosen Fakultas Teknik (FT) Prodi Arsitektur UM Surabaya Fibria Conytin Nugrahini, ada beberapa hal yang harus dipahami calon mahasiswa.

Baca juga: Ingin Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi? Ini Prospek Kariernya

1. Olah kemampuan psikomotorik mahasiswa

Di jurusan arsitektur, kemampuan psikomotorik atau keterampilan yang membutuhkan kemampuan fisik sangat dibutuhkan.

"Artinya jika ingin menjadi seorang mahasiwa arsitektur harus kuat fisik. Disini dibutuhkan ketrampilan tangan dalam menampilkan sebuah karya dwimatra, maupun trimatra," ujar Fibri dikutip dari laman UM Surabaya.

Dengan pengolahan tersebut diharapkan mahasiswa dapat memahami unsur dasar dalam estetika dimana kemampuan tersebut dapat dipergunakan selanjutnya untuk desain ke tingkat yang lebih tinggi.

2. Berbasiskan kegiatan studio dan workshop

Studio adalah kegiatan mengerjakan tugas terstruktur dengan konsultasi dosen pembimbing.

Contoh pengerjaan tugas di studio yaitu pada mata kuliah studio perancangan arsitektur dari 1 sampai dengan 5 (tergantung kurikulumnya), dari bangunan rumah tinggal sampai bangunan tinggi dan kompleks.

Sedangkan workshop untuk tugas berupa karya 3D seperti maket maupun pengolahan dan ketrampilan trimatara dan aplikasi bahan bangunan.

Baca juga: 9 Perbedaan Sekolah dan Kuliah, Info bagi Calon Mahasiswa

3. Terbiasa dengan istilah lembur

Mahasiswa harus selalu siap melakukan lembur untuk menyelesaikan tugasnya, baik tugas studio, gambar teknik manual, 3D digital maupun mengerjakan kegiatan di area workshop seperti membuat maket.

Menurut Indiana University's National 2016 Study of Student Engagement (NSSE), mahasiswa arsitektur menggunakan waktunya dalam belajar dan mengerjakan tugas lebih banyak daripada bidang ilmu lainnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com