Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Mei 2023, Pendaftaran Maba FKG UM Surabaya Dibuka

Kompas.com - 28/04/2023, 13:49 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pada awal Mei 2023, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UM Surabaya akan segera membuka pendaftaran mahasiswa baru angkatan pertama.

Nantinya, FKG UM Surabaya akan membuka sebanyak 25 kuota di dua Program Studi (prodi). Dua prodi di Fakultas Kedokteran Gigi UM Surabaya tersebut yakni Program Sarjana Kedokteran Gigi dan Prodi Pendidikan Profesi Kedokteran Gigi.

Menurut Rektor UM Surabaya, Sukadiono, dibukanya ijin operasional FKG ini, semakin melengkapi prodi di bidang kesehatan yang sudah dimiliki UM Surabaya sejak 2016 silam.

Beberapa prodi tersebut yakni keperawatan, kebidanan, Teknologi Laboratorium Medik (TLM), Fisioteraphy, dan Farmasi.

Baca juga: Dosen UM Surabaya: Ini 5 Tips Cegah Obesitas Usai Lebaran

"Kami ingin melengkapi bidang kesehatan dengan prodi Sarjana Kedokteran Gigi dan Prodi Profesi Dokter Gigi yang masuk di FKG. Kita sudah mendapat ijin operasional 28 Maret 2023," ujarnya dikutip dari laman UM Surabaya, Jumat (28/4/2023).

Dikatakan, pendaftaran pada awal Mei mendatang bisa dilakukan melalui Lembaga Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (LIPMB). Sementara tes tulis (CBT) akan dilakukan pada pertengahan Juni 2023 mendatang.

Adapun FKG UM Surabaya memiliki 8 dosen program Sarjana Kedokteran, dan 11 dosen Profesi Kedokteran. Artinya, jumlah tersebut telah melampaui ketentuan yang dipersyaratkan.

Sedangkan terkait sarana dan prasarana, Suko menyebut jika universitas telah melengkapi kebutuhan lab dasar untuk perkualiahan FKG.

Seperti Lab Ilmu dan Teknologi Material Kedokteran Gigi (ITMKG), Skill Lab, Lab Biologi Oral dan Radiologi.

"Di skill lab kita punya 25 dental simulator. Kemudian ITMKG berkaitan dengan praktik kedokteran gigi dasar, biologi oral ada di lab mikrobiologi kemudian ada radiologi gigi," jelasnya.

Untuk ke depan, FKG UM Surabaya juga akan mengenalkan keilmuan di bidang digital dentristy. Sejatinya, bidang ini untuk spesialis kedokteran gigi.

Namun, karena teknologi semakin canggih, pihaknya bakal mengenalkan keilmuaan itu kepada mahasiswa.

"Pada bidang Digital Dentristy ini jika dulu pakai gigi palsu harus menggunakan cetakan lebih dulu, sekarang cukup foto saja sudah bisa proses cetakannya," kata dia.

Baca juga: Dosen UM Surabaya: Ini Tips Atasi Masalah Kesehatan Saat Mudik

Sementara terkait RS Gigi Mulut untuk lab profesi dokter gigi, saat ini tengah dilakukan proses studi kelayakan (visibility) prodi sesuai dengan pakta integritas yang disampaikan ke Direktorat Kelembagaan.

"Kita akan menyelesaikan RS Gigi Mulut akhir tahun 2024," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com