Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prodi Sistem Informasi PresUniv Raih Akreditasi Internasional IABEE

Kompas.com - 13/04/2023, 14:30 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Program Studi (Prodi) Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, President University (Presuniv), resmi mendapatkan akreditasi internasional dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE).

Akreditasi internasional ini didasarkan pada kriteria penilaian dan evaluasi mencakup Computer Science, Informatics and Similarly Named Programs Version 2020.

IABEE merupakan lembaga akreditasi mandiri yang diakui Kemendikbudristek sebagai badan akreditasi prodi bidang teknik dan computing yang memberikan gelar sarjana. IABEE sudah menjadi signatory member organisasi akreditasi internasional, yaitu Washington Accord, dan observer di Seoul Accord.

Rektor Presuniv Prof. Chairy melalui rilis resmi (13/4/2023) mengungkapkan rasa bangga atas pencapaian Prodi Sistem Informasi tersebut.

“Dengan terakreditasi internasional, ini menunjukkan kualitas pendidikan Prodi Sistem Informasi di Presuniv telah memenuhi standar internasional dan memiliki kualifikasi setara universitas- universitas terkemuka di seluruh dunia dalam bidang computing,” ujarnya,

Prof. Chairy melanjutkan, “akreditasi dari IABEE tersebut juga membuka peluang bagi setiap lulusan Prodi Sistem Informasi untuk berkarier di berbagai perusahaan multinasional, baik yang ada di Indonesia maupun di luar negeri.”

Capaian tersebut, tegas Chairy, juga sejalan dengan visi yang dicanangkan Presuniv sejak dulu, yakni menjadi internasional university.

Dalam kesempatan sama, Dekan Fakultas Ilmu Komputer Rila Mandala, mengatakan, perolehan akreditasi IABEE sejalan dengan visi Fakultas Ilmu Komputer.

"Kami ingin Prodi Sistem Informasi menjadi pusat pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sistem informasi yang unggul, berkualitas, mampu bersaing secara global, dan berperan aktif dalam mendukung industri,” ujarnya.

Dengan banyaknya perusahaan multinasional yang beroperasi di Jababeka, lanjut Rila, penting bagi Prodi Sistem Informasi untuk terakreditasi internasional.

Baca juga: UM PTKIN 2023, UIN Jakarta Tawarkan 30 Prodi untuk 1.436 Mahasiswa

 

“Jadi, lulusan Prodi Sistem Informasi bisa go international melalui dua cara. Pertama, melalui perusahaan-perusahaan multinasional yang ada di Jababeka dan berbagai kawasan industri lainnya," jelas Rila.

"Kedua, mereka bisa langsung bergabung dengan perusahaan-perusahaan multinasional yang ada di luar negeri,” lanjutnya.

Meningkatkan kualitas dosen dan staf

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com