Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Kebudayaan, Kebun Raya Bogor Kembangkan Program Budaya Sunda

Kompas.com - 11/04/2023, 13:55 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah kota Bogor mendukung rencana kolaborasi antara PT Mitra Natura Raya (MNR), perusahaan pengelola Kebun Raya Bogor, dan Aliansi Budayawan Sunda untuk mengembangkan sejumlah program budaya Sunda di Kebun Raya Bogor.

Kolaborasi ini dipercaya akan semakin melestarikan sekaligus memperkenalkan secara luas kebudayaan Sunda kepada masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor, Iceu Pujiati menjelaskan, Pemkot Bogor memiliki misi besar dalam melestarikan dan memperkenalkan kebudayaan Sunda.

Baca juga: PermenPAN RB No.1 Soal PAK Dosen, Kemendikbud: Deadline Singkat Bikin Repot

Ragam program dan kegiatan juga telah dilakukan Pemkot Bogor agar Kebudayaan Sunda tetap terjaga.

Contohnya adalah kewajiban kepada para Aparatur Sipil Negara di Kota Hujan ini untuk menggunakan pakaian kasual yang dikombinasikan dengan produk lokal setiap Selasa. Kewajiban itu telah diatur dalam Peraturan Wali Kota Nomor 30 Tahun 2022.

Pemkot Bogor berkomitmen agar jati diri kebudayaan Sunda ini terus dijaga, diperkuat, dan disosialisasikan kepada generasi muda.

"Kami ingin generasi saat ini mengetahui bahwa kebudayaan Sunda di Kota Bogor tidak hanya tentang Kujang, namun juga ada Pangsi dan masih banyak yang lainnya,” kata Iceu dalam keterangannya, Selasa (11/4/2023).

Iceu juga mengapresiasi MNR yang akan memberikan kesempatan kepada para budayawan untuk menampikan berbagai atraksi kebudayaan. Seperti kesenian musik, tarian, dan sastra, di Kebun Raya Bogor.

Dengan memberikan ruang berekspresi bagi para budayawan, diharapkan ruang sosialisasi kebudayaan Sunda kepada generasi milenial semakin besar.

Pada aspek lainnya, kolaborasi ini juga akan memperkuat eksistensi para budayawan Sunda.

"Kolaborasi antara PT MNR dan Aliansi Budayawan Sunda merupakan sebuah inovasi guna mendukung misi Pemkot Bogor dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan Sunda secara berkelanjutan. Kami berharap kerja sama ini berlangsung dalam jangka panjang, sehingga memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat dan Kota Bogor. Paling utama mempertahankan jati diri kebudayaan Sunda," ucap Iceu.

General Manager Corporate Communication MNR, Zaenal Arifin mengatakan pihaknya senantiasa menjalankan aktivitas di Kebun Raya Bogor yang selaras dengan misi Pemkot Bogor.

Baca juga: 10 SMA Terbaik di Surabaya, Acuan PPDB 2023

Selain itu, kerja sama dengan Aliansi Budayawan Sunda merupakan implementasi dari fungsi kebun raya sebagai sumber edukasi, selain konservasi tumbuhan, penelitian, wisata, dan jasa lingkungan.

Para pengunjung Kebun Raya Bogor nantinya tidak hanya mendapatkan wawasan tentang keragaman hayati, namun juga kebudayaan Sunda.

"Kami berterima kasih kepada Pemkot Bogor yang sudah memberikan dukungan kuat terhadap kolaborasi antara PT MNR dan Aliansi Budayawan Sunda. Kepercayaan ini akan kami jalankan dengan maksimal, sehingga kebudayaan Sunda dapat terus terjaga. Kami akan terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Pemkot Bogor agar kolaborasi ini dapat berjalan secara optimal dan memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat," ujar Zaenal.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com