Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga Pagi Saat Puasa Tak Direkomendasikan, Ini Penjelasan Pakar UGM

Kompas.com - 06/04/2023, 20:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UGM

KOMPAS.com - Ternyata, olahraga pagi saat berpuasa tidak direkomendasikan. Hal ini diungkapkan oleh Dosen Departemen Gizi Kesehatan, FKKMK UGM, Tony Arjuna, S.Gz., M.Nut.Diet., AN., APD., Ph.D.

Menurut dia, olahraga adalah salah satu cara untuk bisa menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Hanya saja, pemilihan waktunya harus tepat khususnya yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Jadi, olahraga yang tepat saat puasa adalah di waktu yang tepat seperti mendekati waktu berbuka atau setelah melaksanakan salat tarawih.

"Saat berpuasa kalau mau melakukan olahraga idealnya saat dekat-dekat dengan waktu buka, 30 menit sampai 1 jam sebelum berbuka atau setelah tarawih," ujarnya dikutip dari laman UGM, Kamis (6/4/2023).

Baca juga: Menu Sehat Puasa, Dokter Poliklinik UM: Pilih yang Senatural Mungkin

Ia tidak merekomendasikan olahraga di pagi hari saat berpuasa. Menurutnya, berolahraga di pagi hari ketika berpuasa tidak ideal dilakukan bahkan cenderung berisiko bagi yang tidak terbiasa.

Sebab, saat berolahraga penggunaan kalori lebih banyak yang akan membuat gula darah lebih cepat turun. Hal itu akan membuat tubuh lemas dan akan terasa lapar sepanjang hari.

Tentu, kondisi tersebut akan berisiko tinggi terutama bagi penderita diabetes karena bisa terkena serangan hipoglikemia yang membahayakan nyawa.

"Jadi, tidak ideal berolahraga di pagi hari saat puasa karena ketahanan tubuh lebih lemah dan badan jauh lebih lemas dari biasanya ketika tidak puasa," tutur dia.

Selain itu, tubuh akan mencari sumber alternatif pembakaran, yang harusnya glikogen bisa dibakar dalam 8 jam, tapi karena dipakai ketika olahraga pagi dan tidak ada makanan yang masuk otomatis dia habisnya lebih cepat.

"Ya otomatis sisa hari jauh lebih berat untuk dilewati," jelas dia.

Ahli gizi atau dietisien FKKMK UGM ini menekankan pentingnya pengelolaan waktu berolahraga saat berpuasa. Pasalnya, tubuh melewati fase adaptasi ketika berolahraga saat berpuasa.

Olahraga pun tidak bisa dilakukan sama halnya saat sebelum berpuasa lantaran tubuh memerlukan waktu untuk melakukan penyesuaian.

Baca juga: Ahli Gizi UM: 3 Tips Pilih Menu Buka Puasa bagi Penderita Asam Lambung

Tak hanya itu saja, tubuh juga membutuhkan adaptasi saat hari pertama dan kedua puasa. Sebab, itu menjadi fase awal tubuh mengalami defisit kalori yang cukup signifikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com