Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/04/2023, 14:05 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Melanjutkan pendidikan tinggi mulai jenjang D3 hingga S1 tak cuma bisa siswa lakukan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Kamu bisa juga mendaftar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) juga.

Perlu kamu pahami, PTS atau kampus swasta memiliki tujuan yang sama dengan PTN, yaitu untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja.

Memilih PTS atau kampus swasta pun juga terdapat beberapa jalur masuk dan jenis tes yang beragam.

Baca juga: 29 PTS Terbaik di ASEAN, Nomor 1 Binus University

Namun antar PTS punya seleksi yang berbeda-beda. Sehingga kamu harus cek dengan jelas jalur masuk dan jenis tes kampus pilihan kamu.

Dilansir dari laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN), ada 3 jalur masuk dan 3 jenis tes yang adai di PTS dan umum diketahui calon mahasiswa

3 jalur masuk PTS

Setidaknya ada 3 jalur masuk PTS yang bisa dijalankan calon mahasiswa, yaitu:

1. Jalur Akademik

Jalur akademik merupakan jalur pendaftaran bagi calon mahasiswa yang memenuhi syarat dan dievaluasi oleh panitia penerimaan mahasiswa baru bagi masing-masing PTS.

Biasanya calon mahasiswa akan diminta untuk melampirkan nilai rapor selama di bersekolah di SMA atau SMK.

Baca juga: Biaya Kuliah PTS Terbaik, Telkom University dan Binus

Jalur ini tidak memerlukan lagi tes masuk, karena kampus akan mengevaluasi nilai rapor. Perlu diingat mungkin setiap PTS memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Ada baiknya kalian mencari informasi terkait persyaratan ke masing-masing PTS yang akan dituju.

2. Jalur Prestasi

Jalur prestasi adalah jalur yang dipilih siswa dengan prestasi akademik maupun non-akademik.

Siswa yang memiliki prestasi akademik atau non-akademik ketika di bangku SMA atau SMK bisa memanfaatkan jalur prestasi ini untuk masuk ke PTS. Biasanya ketika masuk dengan jalur ini kalian tidak perlu mengikuti rangkaian tes.

3. Jalur Tes Reguler

Jalur tes reguler biasanya menggunakan nilai UTBK yang siswa lakukan saat mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) maupun tes secara mandiri yang dilakukan masing-masing kampus swasta.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com