Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prodi Biomedis Jadi Salah Satu Ujung Tombak Industri Masa Depan, Ini Alasannya

Kompas.com - 31/03/2023, 11:05 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Azalia Imani, Public Relation di Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L) menegaskan, ilmu biomedis sangat penting dalam dunia kesehatan, terutama pengobatan.

Melalui rilis resmi (31/3/2023), Azalia Imani mengungkapkan, kemajuan teknologi di bidang medis menjadi kemajuan industri kesehatan. Berbagai macam penemuan canggih didapatkan demi memberikan manfaat bagi pengobatan.

"Teknologi yang canggih, diharapkan dapat memicu penemuan-penemuan yang mampu mengatasi banyak masalah termasuk penyakit mengancam yang berbahaya dan belum ada obatnya," ujar Azalia Imani.

Ia menambahkan, di sisi lain ilmu biomedis menjadi salah satu ujung tombak industri kesehatan dalam penemuan terapi baru untuk menyembuhkan penyakit manusia.

"Biomedis berfungsi untuk memahami bagaimana tubuh manusia bekerja pada tingkat molekuler. Pengetahuan ini pada akhirnya, akan menjadi dasar penemuan dan perancangan strategi terapeutik," jelasnya.

Ilmu biomedis menaungi berbagai ilmu seperti penyakit menular, kanker, epidemiologi, saraf, anatomi, hingga fisiologi. Biomedis merupakan bidang ilmu yang berfokus pada kesehatan manusia dan kesejahteraan masyarakat

"Cakupan biomedis termasuk menganalisis sampel biologis, melakukan penelitian tentang penyakit manusia, berpartisipasi dalam pengembangan strategi terapeutik seperti vaksin, obat-obatan dan perawatan medis," ungkap Azalia

Azalia juga menjelaskan bagaimana biomedis dan farmasi merupakan ilmu yang saling berkaitan. Biomedis menjelaskan mekanisme terjadinya suatu penyakit, sedangkan farmasi berperan dalam pembuatan terapi untuk kondisi tersebut.

Baca juga: Biaya Kuliah Universitas Brawijaya untuk 10 Prodi Terfavorit di SNBP

Kata Azalia, "sekarang dunia biomedis semakin luas. Dengan perkembangan teknologi dan komunikasi, semakin banyak orang yang mulai menggunakan teknologi untuk masalah kesehatan."

"Industri ini juga membantu orang awam untuk meningkatkan kualitas hidup, baik dari memonitor kondisi tubuh secara live, hingga mendapatkan akses kepada dokter atau pakar kesehatan lainnya dengan mudah," tutup Azalia Imani.

Dikutip dari laman resmi I3L,  program studi (prodi) biomedis atau biomedicine adalah nama kolektif untuk topik keilmuan biologis yang berfokus terutama pada kesehatan dan kesejahteraan manusia.

Ruang lingkup biomedicine meliputi analisis sampel biologis manusia, melakukan penelitian tentang penyakit manusia dan hewan, berpartisipasi dalam pengembangan strategi terapi, seperti vaksin, obat-obatan dan perawatan medis, baik di industri swasta maupun pemerintah.

Biomedis menjadi langkah sentral dan kritis dalam mendesain dan menemukan obat dan terapi. Prodi biomedis juga berfokus pada riset dan inovasi yang menjembatani riset kesehatan manusia dengan pengembangan obat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com