Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal mengenai Program Wirausaha Merdeka 2023

Kompas.com - 28/03/2023, 08:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu bagian dari program unggulan Merdeka Belajar yakni Program Wirausaha Merdeka kembali digelar untuk angkatan kedua di 2023 ini.

Adapun program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Rristek) ini akan memfasilitasi mahasiswa seluruh Indonesia.

Tentu untuk belajar dan mengembangkan diri menjadi calon wirausahawan melalui aktivitas di dalam maupun di luar kelas perkuliahan.

Bagi yang punya ketertarikan terhadap dunia wirausaha dan ingin belajar berwirausaha, maka tidak ada salahnya untuk mengikuti Program Wirausaha Merdeka 2023 ini.

Baca juga: 9 Perbedaan Sekolah dan Kuliah, Info bagi Calon Mahasiswa

Agar semakin yakin, berikut ini ada 5 hal yang perlu diketahui tentang Program Wirausaha Merdeka 2023, info dilansir dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi), Senin (27/3/2023).

Program Wirausaha Merdeka 2023

1. Lahirkan wirausaha muda

Ternyata, rasio kewirausahaan di Indonesia tergolong masih rendah jika dibandingkan dengan sejumlah negara lain, bahkan sesama negara ASEAN seperti Malaysia ataupun Singapura.

Padahal, kewirausahaan menjadi salah satu yang diyakini jadi penggerak ekonomi di Indonesia.

Maka dari itu, dengan program Wirausaha Merdeka ini mahasiswa yang memiliki minat dan potensi dalam kewirausahaan akan mendapat dukungan berupa pembekalan kompetensi kewirausahaan.

Peningkatan kemampuan wirausaha melalui praktikum atau magang, peningkatan pengalaman wirausaha melalui pengembangan ide atau implementasi bisnis, atau kegiatan lain yang bertujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam berwirausaha.

Baca juga: PPSDM Itera: Ini Tips Menjaga Kesehatan Mental bagi Mahasiswa

Dengan demikian diharapkan akan lahir para wirausaha muda dari kampus-kampus yang ada di Indonesia.

2. Diluncurkan pada 20 Maret 2023

Adapun kegiatan soft launching Program Wirausaha Merdeka 2023 berlangsung secara daring pada 20 Maret 2023 lalu.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati, menyatakan, pembelajaran dengan praktik pada Program Wirausaha Merdeka 2023 telah sejalan dengan karakteristik pendidikan vokasi.

3. Targetkan 12.000 mahasiswa

Pada 2022, Program Wirausaha Merdeka sudah dirasakan manfaatnya oleh 11.716 mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Maka tahun 2023 ini, Kemendikbud Ristek menargetkan jumlah peserta program ini bisa meningkat menjadi 12.000 mahasiswa.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Bisa Dicoba Mahasiswa

Para mahasiswa ini nantinya akan belajar, mencari pengalaman, dan melakukan praktik wirausaha secara langsung di kurang lebih 30 perguruan tinggi pelaksana dengan berbagai program wirausaha unggulan.

4. Syarat minimal mahasiswa semester 3

Tentunya, semua mahasiswa bisa ikut program ini (kecuali D1). Tetapi untuk bisa mendaftar dan menjadi peserta program ini minimal adalah mahasiswa semester tiga.

Sedangkan bagi mahasiswa pascasarjana juga bisa mengikuti program ini tanpa batasan semester dan tanpa batasan konversi SKS.

5. Bisa dikonversi SKS

Tak hanya bisa belajar dan mencari pengalaman atau melakukan praktik wirausaha langsung, tapi program Wirausaha Merdeka 2023 ini juga akan memberikan manfaat lain.

Baca juga: 4 Tips Hadapi Stres bagi Mahasiswa

Yakni bagi mahasiswa pesertanya untuk mendapatkan pengakuan SKS atau dikonversi dari rangkaian kegiatan yang dilakukan sebesar setara 20 SKS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com