Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Daftar Akademi Penerbang Indonesia, Sekolah Kedinasan Kemenhub

Kompas.com - 27/03/2023, 09:47 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi merupakan salah satu sekolah kedinasan milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Lulusan API Banyuwangi punya kualitas dan standar bagus untuk terjun langsung ke dunia kedirgantaraan baik nasional maupun internasional.

Siswa yang ingin bekerja di bidang kedirgantaraan, bisa mendaftar di API Banyuwangi dalam pendaftaran sekolah kedinasan 2023 mendatang.

Meski jadwal pendaftaran sekolah kedinasan 2023 diperkiraan baru dibuka April atau Mei mendatang, ada baiknya kamu tahu persyaratan untuk mendaftar di API Banyuwangi, program studi (prodi), gelar yang bakal diperoleh hingga biaya pendaftaran API Banyuwangi.

Baca juga: Skema Baru KIP Kuliah 2023: Tidak Semua Dapat Bantuan Biaya Hidup

Melansir dari laman resmi API Banyuwangi, Senin (27/3/2023) berikut informasi lengkapnya seputar pendaftaran API Banyuwangi.

Gelar dan prodi di API Banyuwangi

Siswa yang melanjutkan pendidikan di API Banyuwangi memberikan gelar vokasi kepada taruna yang telah memenuhi persyaratan dan dinyatakan lulus. Gelar vokasi, terdiri atas:

  • Ahli Madya Transportasi (A.Md.Tra.) untuk Program Studi Penerbang Sayap Tetap Program Diploma Tiga dan
  • Ahli Madya Transportasi (A.Md.Tra) untuk Program Studi Operasi Pesawat Udara Program Diploma Tiga.

Masa studi untuk program diploma tiga ditempuh selama 6 semester sampai dengan 10 semester.

Ketentuan waktu dan persyaratan masa studi, program kerja sama, pindahan, rekognisi pembelajaran lampau, program di luar domisili, dan program pendidikan jarak jauh ditetapkan dengan Keputusan Direktur setelah mendapatkan pertimbangan Senat.

Baca juga: 5 Sekolah Penerbangan di Indonesia untuk Jadi Pilot, Intip Biayanya

Pilihan Program Studi di Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi terdiri dari:

  • Penerbang Sayap Tetap (PST) D3 - Diploma 3
  • Operasi Pesawat Udara (OPU) D3 - Diploma 3

Untuk mendaftar di API Banyuwangi, ada persyaratan yang harus dipenuhi calon taruna taruni. Berikut persyaratan penerimaan taruna taruni API Banyuwangi mengacu pada pendaftaran taruna taruni tahun 2022. 

1. Warga Negara Indonesia

2. Usia maksimal 23 tahun

3. Persyaratan nilai :

  • Untuk lulusan tahun 2019 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 7,0 (skala penilaian 1-10) / 70,00 (skala penilaian 10-100) / 2,8 (skala penilaian 1-4), atau
  • Untuk lulusan tahun 2020, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester ganjil dan genap untuk kelas X dan XI serta semester ganjil kelas XII) 70,00 (skala penilaian 10-100), dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan dinyatakan lulus dengan menunjukan ijazah Sekolah Lanjutan Tingkatan Atas atau Sederajat.
  • Untuk lulusan tahun 2019 dan sebelumnya, jika nilai rata-rata ijazah menggunakan skala penilaian 1-10 atau skala penilaian 1-7 diwajibkan untuk mengkonversi nilai tersebut menjadi skala penilaian 10-100.
  • Bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing melampirkan surat penyetaraan/persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca juga: Beasiswa Kursus Bahasa Mandarin 2023, Uang Saku Rp 12 Juta Per Bulan

4. Tinggi badan minimal Program Studi Diploma III PST dan Non Diploma Penerbang Sayap Tetap pria minimal 167 cm dan wanita minimal 165 cm.

5. Berbadan sehat, tidak cacat fisik, mental.


Baca juga: Poltekpel Sumbar Milik Kemenhub, Ini Jurusan dan Biaya Kuliahnya

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com