Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Prodi Unpad Alami Penambahan Mahasiswa Terbanyak sejak Pandemi

Kompas.com - 24/03/2023, 11:09 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak lima program studi Universitas Padjadjaran (Unpad) mengalami pertumbuhan jumlah mahasiswa terbanyak selama pandemi Covid-19 berdasarkan rilis penilaian dari RevoU, awal Maret 2023.

Dilansir dari laman Unpad, dalam risetnya, RevoU menganalisis pertumbuhan mahasiswa pada sejumlah program studi dari 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan penilaian QS World University Rankings 2023.

Data juga diambil dari Kemendikbud Ristek RI periode 2020-2021 dengan jenjang pendidikan Sarjana (S1) dan Magister (S2). Data terakhir diambil pada 18 November 2022.

Baca juga: 9 Jurusan Sepi Peminat di Unpad 2022, Info Daftar SNBT 2023

Hasilnya, lima program studi Unpad mengalami pertumbuhan jumlah mahasiswa terbanyak, yaitu Perpustakaan dan Sains Informasi, Bisnis Digital, Administrasi Bisnis, Perikanan Kampus Pangandaran, dan Ilmu Aktuaria.

Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Unpad memiliki jumlah penambahan mahasiswa terbanyak hingga 80 persen, dari 303 mahasiswa pada 2020 menjadi 545 mahasiswa pada 2021. Total penambahan mahasiswa adalah sebanyak 242 orang.

Jumlah ini juga menduduki peringkat kedua di Indonesia dengan jumlah penambahan mahasiswa terbanyak.

Sementara itu, Prodi Bisnis Digital Unpad memiliki penambahan mahasiswa sebanyak 38 persen, Administrasi Bisnis sebanyak 32 persen, Perikanan PSDKU sebanyak 32 persen, dan Ilmu Aktuaria sebanyak 28 persen.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran UI, UGM, Unair, Undip, Unpad, dan Brawijaya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com