Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2023, 18:48 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sahur memiliki makna makan dan minum pada dini hari yang disunnahkan menjelang fajar sebelum subuh bagi umat Islam yang akan menjalankan ibadah puasa.

Selain menghindarkan seseorang dari kelemahan yang disebabkan oleh puasa juga ada keberkahan di dalam makan sahur.

Baca juga: Ini 10 Kampus Negeri Pencetak PNS Terbanyak

Makan sahur merupakan kesempatan mengisi tubuh dengan energi, sel-sel tubuh yang bekerja membutuhkan energi yang berasal dari glukosa darah.

Selain menunda rasa lapar dan menghindari kelesuhan selama puasa, manfaat sahur juga menjaga kadar gula dalam darah agar tetap stabil.

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya, Ira Purnamasari menjelaskan, glukosa atau gula darah merupakan sumber energi bagi tubuh.

Glukosa didapatkan dari makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, roti, tepung, dan kentang.

Selain dari makanan, glukosa juga diproduksi secara alami di hati.

"Jika kita melewatkan makan sahur, maka akan berisiko mengalami hipoglikemia. Hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar gula dalam darah berada di bawah normal. Hipoglikemia terjadi bila kadar gula dalam darah di bawah 70 mg/dL," kata dia mengutip laman UM Surabaya, Kamis (23/3/2023).

Baca juga: Unesa Buka Jurusan S1 Kedokteran, Cek Daya Tampung 2023

Ira menjelaskan, kondisi hipoglikemia atau gula darah rendah menyebabkan tubuh mengalami kekurangan energi untuk berativitas.

Melewatkan sahur menyebabkan tubuh mengalami kekurangan nutrisi yang ditandai dengan muncul beberapa gejala.

Seperti mudah lapar, pusing, lemas, sulit berkonsentrasi, pucat, keringat dingin, gemetar, jantung berdebar, hingga penurunan kesadaran.

Maka dari itu, penting bagi orang yang berpuasa untuk tidak melewatkan sahur.

Baca juga: Ahli Gizi UM Surabaya: Ini Buah yang Baik Saat Buka Puasa Ramadhan

"Dengan memakan makanan yang mengandung sumber energi seperti karbohidrat, lemak, dan protein agar glukosa dalam darah tetap terjaga," tukas Ira.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com