Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Besar IPB: Galohgor Bisa Tingkatkan Produksi ASI

Kompas.com - 19/03/2023, 11:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber ipb.ac.id

KOMPAS.com - Banyak jamu tradisional dibuat menggunakan bahan alami. Seperti halnya bahan ini bisa berkhasiat untuk meningkatkan produksi air susu ibu (ASI).

Bahkan galohgor juga dapat dijadikan anti diabeters melitus. Hal itu diungkapkan Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia (Fema), IPB University Prof. Katrin Roosita.

Dalam risetnya tersebut, ia membuktikan bahwa secara almiah khasiat dari jamu galohgor. Prof. Katrin mengembangkan jamu tradisional galohgor menjadi suatu produk nutrasetikal untuk meningkatkan status gizi dan kesehatan ibu dan bayi.

Ia menjelaskan, untuk dapat memproduksi ASI sesuai kebutuhan bayi, selain diperlukan dukungan psikologis dan fisiologis, kecukupan gizi yang lengkap dan seimbang menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Dosen IPB: Ini Manfaat Protein Hewani bagi Tubuh

"Nutrasetikal galohgor mengandung betakaroten, senyawa provitamin A yang dapat dimetabolisme (dalam tubuh) menjadi asam retinoat," ujarnya dikutip dari laman IPB, Kamis (16/3/2023).

Selain itu, betakaroten juga dapat berperan mengatur pertumbuhan sel dan membentuk penghubung celah antar sel (gap junction).

Gap junction adalah struktur penting dalam mempertahankan fungsi optimal jaringan pada kelenjar mammae yang memproduksi ASI.

"Peranan gap junction juga ini terkait dengan manfaat betakaroten dalam pencegahan kanker," ucapnya.

Hal ini karena struktur gap junction yang baik dapat meningkatkan kemampuan sel dan jaringan untuk mencegah berkembangnya sel-sel kanker yang pertumbuhan tidak terkendali.

Tak hanya itu saja, galohgor juga mengandung zat gizi sumber antioksidan yang bisa menurunkan stres oksidatif pada ibu menyusui.

Pengendalian stres oksidatif pada ibu postpartum (pasca bersalin) sangat penting, agar kondisi inflamasi dapat segera pulih, metabolisme normal dan sehat bugar.

"Ibu menyusui yang mengonsumsi kue kukis nutrasetikal galohgor, volume dan kandungan laktosa pada ASI-nya meningkat," kata dia.

Baca juga: 23 Prodi Baru di IPB Berikut Daya Tampung SNBP 2023

Sementara untuk meningkatkan daya terima nutrasetikal galohgor, telah dilakukan pengembangan produk seperti madu galohgor, minuman serbuk nutrilaktasi, selai kacang dan kukis nutrilaktasi.

Nutrasetikal galohgor juga memiliki khasiat antidiabet, sehingga dilakukan pengembangan produk minuman serbuk nutradiabet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ipb.ac.id


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com