Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cinta Laura: Perempuan Harus Punya Hak yang Sama dalam Hal Pendidikan

Kompas.com - 18/03/2023, 10:20 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Dalam rangka hari jadi ke-44, Universitas Budi Luhur mengundang artis, penyanyi, dan model, Cinta Laura Kiehl jadi pembicara tentang pendidikan dan peranan perempuan di era digitalisasi.

Menurut dia, salah satu hal yang diperjuangkan dirinya adalah perempuan harus memiliki hak dan oppurtunity yang sama seperti laki-laki dari segi sosial dan lainnya.

Baca juga: Jadwal Libur Lebaran dan Libur Sekolah SD, SMP, SMA 2023

Sebagai sesama manusia, bilang dia, tidak seharusnya dibedakan hanya karena gender.

Tak lupa, sebagai perempuan harus punyak hak untuk memilih karier yang diinginkan.

"Sebagai perempuan yang sama seperti manusia lainnya kita punya hak untuk memilih arah hidup kita sendiri, karena itulah yang dinamakan kemanusiaan," kata dia dalam keterangannya, Sabtu (18/3/2023).

Sebagai seorang aktivis sosial yang peduli terhadap isu pemberdayaan perempuan, pendidikan, perlindungan anak, kekerasan terhadap perempuan dan anak hingga bullying, membuat Cinta memiliki impian besar untuk memberdayakan perempuan Indonesia.

"Aku ingin memberdayakan perempuan Indonesia dan membantu membangun cara berpikir anak muda Indonesia agar lebih kritis, inovatif dan kreatif. Dan aku hanya bisa mencapai mimpi itu kalau aku berani setiap hari keluar dari zona nyaman,"lanjut dia.

Ketua Panitia sekaligus Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Rocky Prasetyo Jati mengungkapkan, acara ini digelar karena terinspirasi dengan makna angka empat yang merupakan usia dari Universitas Budi Luhur.

"Sebenarnya inspirasinya adalah angka empat, angka empat itu kan kadang-kadang suka menimbulkan kesan yang agak iconic, tapi kita ubah menjadi 44 gagasan, 44 ide," jelas dia.

Baca juga: Rektor UGM: Uang Sumbangan Hanya Jalur Mandiri dan Mahasiswa Mampu

Dengan tema ulang tahun Budi Luhur tahun ini, yaitu Kreatif dan Kolaboratif, timbul pikiran untuk mengadakan 44 pembicara dengan berbagai karyanya yang kreatif dan bisa menunjukkan kolaborasi.

Dia menyampaikan, ada beberapa syarat terkait 44 pembicara yang dihadirkan dalam acara tersebut, salah satunya Cinta Laura.

Di antaranya telah melahirkan inovasi, berhasil membuktikan dengan inovasi teknologi, dan telah berkontribusi secara kolaborasi kepada masyarakat.

"Baru kali pertama Budi Luhur bisa menghadirkan 44 Pakar, bahkan lebih dari 44 Pembicara dalam dua hari," tambah dia.

Menurut Rocky, pesan yang ingin disampaikan Universitas Budi Luhur dari acara Talk Show kali ini sudah berhasil tersampaikan.

Baca juga: 10 Jurusan Sepi Peminat UI, ITB, dan UGM pada UTBK SNBT 2023

"Karena ini sebuah dobrakan, untuk menjukkan kepada mahasiswa bahwa secara kebetulan, hampir semua pembicara memberikan pesan dengan kata kunci yang sama yakni Kita harus memulai sesuatu yang berbeda, karena budi luhur itu lahir karena kerja kreatif dan kolaboratif," tegas Rocky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com