Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Implementasi Kurikulum Merdeka Perlu Didorong ke Seluruh Sekolah Indonesia

Kompas.com - 17/03/2023, 16:50 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai Mitra Pembangunan Kemendikbud Ristek, Kelas Pintar berkomitmen penuh mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka dengan menyelenggarakan rangkaian webinar yang ditujukan untuk Satuan Pendidikan, BPMP/BBPMP, serta dinas terkait di Jawa, Bali, dan Sumatera.

Pada dua rangkaian webinar yang telah diselenggarakan ini telah diikuti oleh lebih dari 2.000 peserta.

Baca juga: Kisah Satu Keluarga yang Sukses Lulus dari Pendidikan Dokter

"Webinar ini merupakan perwujudan komitmen kami sebagai satu-satunya perusahaan edukasi teknologi di Indonesia yang menjadi Mitra Pembangunan Kemendikbudristek untuk Implementasi Kurikulum Merdeka," kata CEO Kelas Pintar Fernando Uffie dalam keterangannya, Jumat (17/3/2023).

Webinar yang pertama diselenggarakan mulai dari Agustus hingga September 2022.

Webinar ini diadakan di beberapa wilayah yakni Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sumatera Selatan.

Pada webinar ini, Kelas Pintar melakukan sosialisasi mengenai Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar ke Satuan Pendidikan, BPMP/BBPMP, serta dinas terkait.

Melalui webinar ini, para tenaga didik di Satuan Pendidikan diharapkan dapat lebih memahami mengenai Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar.

"Saya menyambut baik kegiatan dari Kelas Pintar ini. Dengan penguatan ini, tentu akan ada motivasi untuk Satuan Pendidikan tidak hanya mendaftar, tetapi juga jadi semakin yakin dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka ini," ujar Astin Julaikha, M.Pd, Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang SD dan PKLK DKI Jakarta.

Selanjutnya, Kelas Pintar menyelenggarakan webinar yang kedua yang dimulai pada November 2022 hingga Mei 2023 di Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Banten, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Pada webinar series kedua ini, Kelas Pintar melakukan sosialisasi mengenai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ke Satuan Pendidikan, BPMP/BBPMP, serta dinas terkait.

Baca juga: 9 Jurusan Sepi Peminat ITS di SNBT 2023, Calon Mahasiswa Cek

Pada webinar ini, peserta diharapkan dapat lebih memahami mengenai P5. Selain itu, tenaga pendidik diarahkan untuk membuat Draft Perancangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

"Kami bersyukur sekali karena Kelas Pintar memiliki visi yang sama untuk Implementasi Kurikulum Merdeka ini. Harapannya, Kelas Pintar dapat membuat pembelajaran yang terdiferensiasi dan akan memperkaya pelaksanaan pembelajaran di sekolah-sekolah," ucap Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Tengah, Nugraheni Triastuti.

Uffie menambahkan, ada yang dilakukan pihaknya dapat membantu sekolah-sekolah dan guru-guru, agar dapat beradaptasi dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari.

Baca juga: 10 Jurusan Sepi Peminat UI, ITB, dan UGM pada UTBK SNBT 2023

Ke depannya, Kelas Pintar akan terus berupaya berkolaborasi dengan berbagai pihak guna mendorong Implementasi Kurikulum Merdeka yang menyeluruh dan maksimal di seluruh sekolah di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com