Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UPN Jogja Bakal Diberi Pelatihan Jurnalistik dari Sputnik Rusia

Kompas.com - 16/03/2023, 17:30 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UPN Jogja

KOMPAS.com - Kantor Berita Sputnik Rusia melakukan penandatanganan MoU dengan UPN Veteran Yogyakarta (UPN Jogja) di kediaman Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Adapun MoU dilakukan oleh Vasily Pushkov (Direktur Korporasi Internasional Sputnik Internasional News Agency dan Radio Broadcaster, Rossiya Segodnya Media Group) dengan Rektor UPN Jogja Prof. Irhas Effendy.

Menurut Pushkov, kerja sama itu diwujudkan dalam bentuk pelatihan jurnalistik bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta.

Pelatihan ini merupakan upaya Sputnik untuk memberikan pencerahan kepada mahasiswa tentang ekosistem media yang sudah berubah.

Baca juga: 10 Jurusan Sepi Peminat di UPN Jogja, Referensi Daftar SNBT 2023

Puskhov menambahkan, dalam waktu yang akan datang Sputnik juga akan bekerjasama dengan media maupun universitas lain di Indonesia.

"Tentunya untuk merealisasikan rencana ini tidak bisa dalam waktu singkat. Kami harus mengurus izinnya ke pemerintah dan itu tidak cepat," ujar Pushkov dikutip dari laman UPN Jogja.

Dengan adanya kerja sama ini, Rektor UPN Jogja berharap kerja sama ini bisa diwujudkan dalam kegiatan seperti kuliah untuk mahasiswa ataupun peliputan bersama yang memperkenalkan budaya masing-masing negara.

Kegiatan semacam ini merupakan bentuk diplomasi kedua negara melalui budaya. Irhas menjelaskan bahwa Sputnik merupakan kantor berita besar yang tentunya bisa membagikan pengalamannya kepada mahasiswa.

"Perkembangan teknologi informasi sudah merubah pola kehidupan masyarakat. Praktik jurnalistik tidak seperti dulu lagi. Model bisnisnya juga telah berubah," kata Irhas.

"Akademisi harus update tentang perkembangan jurnalistik saat ini," tambah Rektor UPN Veteran Yogyakarta.

Pada acara penandatanganan itu yang juga dihadiri oleh Veronika Novoseltseva, selaku Deputy Chief of Mission Kedutaan Rusia.

Ia menyatakan bahwa lagu Sunda yang berjudul Panon Hideung sangat mirip baik notasi maupun maknanya dengan lagu Rusia.

"Belum terungkap bagaimana ceritanya. Namun yang jelas kesamaan tersebut menunjukkan adanya relasi yang kuat antara Indonesia dan Rusia," tutur Veronika.

Baca juga: Lahan Bekas Tambang di Sekitar IKN Bakal Dikaji UPN Jogja

Sementara Dekan FISIP UPN Jogja Machya Astuti Dewi menambahkan, MOU ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

"Sebelumnya kami sudah mengadakan kuliah umum dengan pembicara Mr. Pushkov dari Sputnik. Untuk menguatkan kerjasama ini maka kita lakukan penandatangan MoU," jekas Machya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber UPN Jogja


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com